Keterampilan yang Dibutuhkan Pegawai untuk Mendukung Kerja Tim | Qerja

Keterampilan yang Dibutuhkan Pegawai untuk Mendukung Kerja Tim

Eka Utami, 2 months ago
Keterampilan yang Dibutuhkan Pegawai untuk Mendukung Kerja Tim

Kerja tim dibutuhkan hampir di setiap industri, mulai dari sektor jasa hingga teknologi informasi. Hal ini juga berlaku di lingkungan kerja yang individual. Memang, kita bisa melakukan pekerjaan sendiri, tapi kita juga harus tahu tujuan besar dari pekerjaan yang dilakukan dan mengomunikasikannya dengan rekan kerja. Jadi, apapun peran kita di kantor, tetap harus bisa bekerja dengan baik dengan orang lain.

Sementara itu, dari sudut pandang perusahaan juga akan memilah kandidat pegawai yang bisa bekerja sama secara kelompok. Untuk itu, kita harus pandai “menjual” diri dan menunjukkan keterampilan kerja sama tim yang dibutuhkan pengusaha dalam resume, hingga saat wawancara kerja.

Cara memanfaatkan daftar keahlian saat melamar kerja

Anda dapat menggunakan daftar keterampilan diri dalam setiap tahapan proses pencarian pekerjaan. Pertama, Anda bisa menggunakan kata kunci terkait keterampilan ini di resume. Jangan lupa memasukkan kata-kata tersebut dalam deskripsi riwayat pekerjaan juga. Kedua, Anda bisa menggunakan ini di surat lamaran. Jadi, di dalam tubuh surat lamaran sebutkan satu atau dua keterampilan yang relevan dengan syarat pada lowongan kerja.

Terakhir, Anda bisa menggunakan kata-kata terkait keahlian ini saat wawancara. Pastikan Anda memiliki setidaknya satu contoh untuk keterampilan utama. Pilihlah cerita yang menekankan keahlian Anda. Lalu tunjukkan bagaimana keterampilan tersebut membantu Anda menyelesaikan masalah organisasi. Jadilah bercerita dengan cara yang spesifik. Kalau perlu, sertakan angka, dan persentase.

Tapi, pastikan keahlian yang Anda “pamerkan” terkait dengan deskripsi pekerjaan. Jika syarat lowongan pekerjaan yang Anda lamar menekankan kerja tim, maka tunjukkan keahlian terkait hal tersebut. Berikut beberapa kata kunci yang bisa dimasukkan dalam surat lamaran yang menandakan Anda adalah seorang “pemain tim” seperti disarikan dari The Balance.

Komunikasi



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next