Tiga Cara Wanita Milenial Menaklukan Wawancara Kerja | Qerja

Tiga Cara Wanita Milenial Menaklukan Wawancara Kerja

Eka Utami, 1 month ago
Tiga Cara Wanita Milenial Menaklukan Wawancara Kerja

Kenyataannya, ketidaksetaraan gender masih terjadi di dunia kerja. Kita sering mendengar berita tak sedap tentang diskriminasi antara pegawai pria dan wanita. Selain itu, kesenjangan gaji juga masih terjadi di mana-mana.

Calon pegawai wanita juga harus bekerja lebih keras untuk bersaing dengan kandidat pria saat wawancara kerja, apalagi ketika melamar di perusahaan yang bergerak di industri yang didominasi pria. Namun, wanita selalu punya senjata untuk memenangkan persaingan. Berikut cara wanita millenial menaklukkan wawancara kerja seperti disarikan dari blog Pevonia.

Memiliki kecerdasan emosional

Sejak muda, wanita belajar menjadi pendengar yang hebat, serta memahami dan berempati terhadap emosi orang lain. Ini pendidikan kuno yang diajarkan turun-temurun hingga sekarang. Pengajaran ini membuat wanita memiliki kecerdasan emosi yang kuat.

Kecerdasan emosi (EQ) bisa lebih berdampak pada kemajuan karier daripada IQ (kecerdasan kognitif). Sebagai contoh pada posisi manajemen, kita dituntut untuk bisa menangani emosi diri sendiri dan menghadapi situasi sulit di antara karyawan. Bahkan pada sebuah studi ditemukan fakta bahwa perusahaan melihat potensi peningkatan keuntungan 34 persen lebih baik dengan memprioritaskan pegawai dengan EQ tinggi dibandingkan karyawan dengan IQ cemerlang. Hal ini karena karyawan dengan EQ lebih baik tidak menderita karena stres berlebihan dan secara keseluruhan meningkatkan produktivitas kerja.

Jadi ketika wawancara kerja, tinggalkan kesan bahwa Anda memiliki kecerdasan emosional yang tinggi. Sebutkan beberapa contoh yang membuktikan hal itu. Misalnya, ketika Anda berhasil menangani klien yang marah, atau menunjukkan empati pada rekan kerja yang kecewa.

Berikan perspektif berbeda



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next