Hal yang Diinginkan Perekrut dari Kandidat Fresh Graduate | Qerja

Hal yang Diinginkan Perekrut dari Kandidat Fresh Graduate

Eka Utami, 4 months ago
Hal yang Diinginkan Perekrut dari Kandidat Fresh Graduate

Sebagai fresh graduate, kita memang tidak punya pengalaman kerja yang bisa dibanggakan. Kita akan merasa minder ketika bertemu dengan kandidat lain yang pernah bekerja sebelumnya saat menunggu sesi wawancara kerja. Tapi, sebenarnya perekrut juga menaruh harapan besar pada kandidat fresh graduate yang melamar di perusahaan. Kita bisa menonjolkan kelebihan diri pada pewawancara. Berikut hal yang diinginkan perekrut dari kandidat fresh graduate seperti disarikan dari The Guardian.

Mengetahui seluk-beluk perusahaan dan industri

Kandidat yang baru lulus kuliah memang belum punya pengalaman kerja –kecuali buat mereka yang pernah magang, menjadi asisten dosen atau melakukan usaha sampingan-. Tapi, Anda bisa berusaha untuk menunjukkan antusiasme untuk bekerja di perusahaan. Caranya dengan memelajari seluk-beluk perusahaan yang dilamar dan perkembangan berita industri. Perekrut sangat menghargai kandidat yang memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas. Hal itu menunjukkan bahwa kandidat memiliki minat untuk menggeluti pekerjaannya.

Bisa beradaptasi dengan cepat

Sebagian perusahaan sangat bergantung pada pelanggan, pemasok dan manajemen. Jadi, perusahaan membutuhkan kandidat bisa beradaptasi dengan cepat. Pegawai yang belum punya pengalaman kerja diharapkan bisa menerapkan pengetahuan akademis ke situasi kerja yang sebenarnya. Pegawai baru akan terlibat dalam segala hal mulai dari perancangan, pengembangan, hingga mendapa tantangan untuk memimpin tim dan memaksimalkan penjualan. Maka, sejak hari pertama kerja, pegawai baru harus bisa membaur dengan tim manajemen, percaya diri dalam pengambilan keputusan mereka, menunjukkan inisiatif dan bersedia menanggung beban tanggung jawab.

Membawa ide segar

Salah satu keunggulan pegawai yang baru lulus kuliah adalah ide segar untuk kemajuan perusahaan. Organisasi berharap pegawai baru yang menunjukkan semangat kerja dan motivasi sehingga terdorong untuk menghasilkan inovasi. Jadi, kandidat fresh graduate perlu menunjukkan diri sebagai orang yang proaktif dang berani mengajukan gagasan. Saat bekerja, pegawai yang baru lulus kuliah diharapkan bisa langsung mengerjakan proyek atau menghasilkan karya sendiri.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next