Pelajaran Kepemimpinan dari Ibu Bekerja yang Sukses | Qerja

Pelajaran Kepemimpinan dari Ibu Bekerja yang Sukses

Eka Utami, 4 weeks ago
Pelajaran Kepemimpinan dari Ibu Bekerja yang Sukses

Setiap tanggal 22 Desember, kita memeringati Hari Ibu. Pada saat inilah kita mengingat jasa dan perjuangan yang dilakukan ibu untuk keluarga. Para ibu rumah tangga meluangkan segenap waktunya untuk mengurus rumah dan anak-anak sehari-hari. Sementara para ibu bekerja, berusaha mengurus rumah tangga sambil memenuhi tuntutan karier. Keduanya sama-sama hebat.

Khusus buat ibu-ibu bekerja, mereka berusaha melakukan efisiensi waktu hingga mendelegasikan pekerjaan baik di kantor maupun di rumah. Bahkan, sebagian wanita karier mampu memimpin tim dan menjalankan bisnis yang sukses. Kita bisa belajar banyak dari para ibu yang hebat ini. Berikut pelajaran kepemimpinan dari para ibu bekerja yang sukses seperti disarikan dari Forbes.

Mengetahui waktu untuk mendorong dan melepaskan

Christa Quarles adalah CEO Open Table selalu memberikan kesempatan untuk karyawan dan tim di kantor untuk berpikir secara mandiri dan agresif mengejar tujuan masing-masing. Karyawan harus bisa mengeksplorasi gagasan dan mengembangkan hipotesis sendiri. Tapi, ada kalanya Christa perlu masuk untuk memberi  arahan. Itulah definisi kepemimpinan yang efektif menurut dia.

Selain menjadi bos, Christa juga merupakan ibu dari  dua anak laki-laki. Dia juga menerapkan pola pengasuhan agar anak-anak bisa mandiri. Misalnya, dia mendorong anak-anak untuk ikut kegiatan ekstrakurikuler di pagi hari. Tapi, ketika waktunya membereskan barang-barang pribadi, Christa tidak akan ikut campur karena itu adalah bagian dari tanggung jawab anak.

Siap menghadapi situasi tak terduga

Saat baru menjadi ibu, CEO Flywheel Sports Sarah Robb O’Hagan menghadapi situasi tak terduga ketika menghadapi bayi yang tidak bisa mengendalikan mood dan keinginan. Mengurus bayi berbeda dengan mengatur pekerjaan yang bisa dikendalikan oleh diri sendiri. Namun, pengalaman menjadi ibu adalah pelajaran yang bagus untuk mengasah jiwa kepemimpinan. Anda bisa memiliki fleksibilitas pada saat keadaan di sekitar berubah. Jadi, Anda siap menghadapi situasi tak terduga yang selalu terjadi di industri.

Pendekatan personalisasi adalah kunci



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next