5 Persiapan untuk Menghadapi Pekerjaan pada Pekan Depan | Qerja

5 Persiapan untuk Menghadapi Pekerjaan pada Pekan Depan

Eka Utami, 2 weeks ago
5 Persiapan untuk Menghadapi Pekerjaan pada Pekan Depan

Hampir semua orang merasa senang ketika hari Jumat datang, apalagi setelah melewati pekan yang padat dengan tumpukan pekerjaan. Kebanyakan dari mereka memboroskan waktu di hari Jumat untuk bermalas-malasan. Mereka hanya mengerjakan sedikit pekerjaan, dan selebihnya menyiapkan kegiatan akhir pekan. Jujur saja, pada Jumat sore pikiran Anda sudah melayang ke tempat wisata atau membayangkan tidur di rumah seharian.

Ketika semua orang sudah memikirkan akhir pekan dan siap pulang, maka produktivitas kerja pun menjadi menurun. Tapi alih-alih membuang waktu dengan memandang ke luar jendela dan tenggelam dalam lamunan, lebih baik Anda memanfaatkan kesempatan untuk mempersiapkan pekan depan. Berikut adalah hal-hal yang bisa Anda lakukan di hari Jumat agar bisa menjalankan pekerjaan di pekan depan yang lebih baik seperti disarikan dari situs Inc.

Buat janji yang menarik. Anda bisa menghabiskan Jumat sore untuk mengirim pesan lewat email pada beberapa mitra kerja, klien atau mentor. Anda bisa meminta waktu untuk bisa bertemu dengan satu atau dua orang penting pada pekan depan. Mungkin mereka tidak akan membalas pesan Anda dengan cepat. Tapi, Anda bisa mendapat tanggapan positif pada Senin pagi. Bersiaplah menyambut pertemuan menarik pada pekan depan.

Mengatur jadwal pekan depan. Buka lembar kalender Anda untuk pekan depat. Catat semua jadwal yang sudah pasti, mulai dari rapat mingguan, tugas rutin, hingga tenggat waktu pekerjaan. Jangan lupa untuk memasang alarm pengingat. Dengan jadwal yang sudah teratur, Anda akan merasa tenang di akhir pekan, dan lebih bahagia pada hari Senin.

Selesaikan satu tugas. Anda pasti tergoda untuk menunda semua pekerjaan hingga pekan depan. Jangan begitu! Anda harus menyelesaikan –paling tidak- satu pekerjaan pada hari Jumat ini. Dengan begitu, Anda akan merasa lega karena tugas itu sudah tidak ada lagi di daftar Anda pada Senin depan.

Merencanakan masa depan. Daripada Anda melamunkan hal yang tak berarti, lebih baik bayangkan masa depan. Pasang earphone ke telinga Anda dan putar musik yang menginspirasi. Pikirkan perkembangan karier dan kehidupan Anda saat ini. Lalu, rencanakan posisi Anda lima tahun ke depan. Buat beberapa catatan langkah karier yang harus Anda lakukan untuk mencapai target tersebut. Setelah itu, Anda akan tahu hal apa yang mesti dilakukan untuk kemajuan karier mulai Senin depan. Apakah mungkin Anda perlu menghubungi seseorang di kontak jaringan Anda atau mencari peluang kerja baru? Semua tergantung rencana Anda.

Kejutkan diri Anda. Simpan benda kecil yang menyenangkan dan akan membuat mood Anda membaik ketika melihatnya. Anda bisa menyelipkan permen dan coklat kesukaan atau voucher belanja. Mungkin Anda akan lupa telah menyimpan barang itu saat liburan akhir pekan. Tetapi, Anda akan tekejut dan merasa senang ketika menemukan “simpanan” itu saat merasa terpuruk di satu hari di pekan depan. –Qerja.com

Sumber Foto: Flickr

Baca juga:



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next