Bagaimana Cara Melewati Hari Jumat yang Membosankan di Kantor? | Qerja

Bagaimana Cara Melewati Hari Jumat yang Membosankan di Kantor?

Eka Utami, 3 months ago
Bagaimana Cara Melewati Hari Jumat yang Membosankan di Kantor?

Melalui Jumat sore di kantor adalah salah satu hal tersulit yang harus dijalani. Apalagi ketika Anda sudah tidak sabar menunggu akhir pekan yang menyenangkan dengan setumpuk rencana wisata. Rasanya, waktu yang harus dilalui setelah jam makan siang sampai saatnya pulang kantor begitu lama.

Tapi, Anda harus yakin bisa melewatinya dengan baik. Berikut beberapa trik untuk mendorong diri Anda agar bisa menyelesaikan pekerjaan dengan cepat, atau setidaknya membuat hari Jumat segera berlalu seperti disarikan dari situs Lifehacker.

Mengerjakan tugas menarik pada siang hari

Mungkin Anda merasa mengantuk setelah makan siang. Hal itu wajar. Untuk menahan kelopak mata agar tidak segera menutup, cobalah untuk mengerjakan tugas menarik, yang paling Anda kuasai. Biasanya tugas ini akan berhasil mengembalikan semangat kerja Anda pada siang hingga sore menjelang. Jika perlu, Anda bisa mengerjakan tugas menarik yang seharusnya dilakukan untuk Senin mendatang. Hal ini akan memberi Anda dua keuntungan: mengatasi kebosanan dan menabung pekerjaan sehingga awal pekan depan terasa lebih ringan.

Mempelajari hal baru

Anda sering kesulitan melewati hari Jumat sore karena malas mengerjakan proyek baru. Anda merasa tidak perlu membebani diri dengan mengerjakan tugas yang bisa dimulai pekan depan. Toh, Anda sudah memenuhi kewajiban pekerjaan untuk pekan ini. Akhirnya Anda menunggu jam pulang kerja dengan perasaan bosan.

Padahal, Anda bisa melakukan hal lain yang lebih produktif, misalnya mempelajari keterampilan baru. Keahlian baru itu bisa saja mendukung pekerjaan utama Anda, seperti mendalami cara mnggunakan teknologi baru agar pekerjaan cepat selesai. Atau, jika Anda sering menyelesaikan pekerjaan lebih awal, minta izin pada atasan untuk mengambil kelas bahasa, latihan mengemudi atau pelajaran keterampilan lainnya pada Jumat sore.

Tidur siang sejenak

Tidur siang sejenak selama 15-20 menit di siang hari akan meningkatkan produktivitas kerja Anda. Tidur siang juga akan memberikan Anda tenaga untuk bisa melewati sisa hari Jumat. Tapi, jangan sampai Anda tidur siang terlalu lama karena bisa membuat pusing ketika bangun.

Jika kebijakan kantor membolehkan karyawan tidur siang sejenak, maka Anda beruntung. Jika tidak ada kebijakan semacam itu, maka harus pandai-pandai mencari tempat tidur yang tersembunyi dari atasan dan rekan kerja.

Melakukan olahraga ringan

Jika Anda merasa terjebak pada Jumat sore, hal terakhir yang bisa dilakukan adalah olahraga ringan. Anda tidak perlu melakukan gerakan berat, cukup dengan peregangan sederhana saja yang bisa membuat badan bergerak dan “terbangun”. Saat tubuh Anda sudah terasa segar, maka akan lebih mudah melewati sisa hari itu.

Jika Anda enggan melakukan olahraga, cobalah untuk pergi keluar kantor, berjalan-jalan dan merasakan sinar matahari sejenak. Hal ini bisa mendorong meningkatkan energi Anda. Kita semua tahu bahwa jalan-jalan bisa memperbaiki kerja otak, dan keluar ruangan bisa meningkatkan kreativitas dan produktivitas.

Jadi, apakah sekarang Anda sudah berhasil melewati hari Jumat yang membosankan? Coba lihat jam dinding di ruangan kerja. Ternyata jam sudah mendekati waktu pulang kantor dan Anda bisa segera berakhir pekan. –Qerja.com

Sumber Foto: Flickr

Baca juga:



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next