Kandidat seperti Apa yang Dicari Perusahaan Startup? | Qerja

Kandidat seperti Apa yang Dicari Perusahaan Startup?

Eka Utami, 2 months ago
Kandidat seperti Apa yang Dicari Perusahaan Startup?

Hari ini, kita melihat bagaimana kandidat tenaga kerja yang tidak lulus kuliah telah sukses dengan caranya sendiri. Mereka bisa menjadi karyawan perusahaan ternama, dan bahkan bisa mendirikan startup. Lalu, ketika seseorang sudah berhasil mendirikan perusahaan startup, apakah mereka juga akan mengutamakan untuk mempekerjakan karyawan hanya berdasarkan pengalaman tanpa pendidikan formal? Belum tentu.

Jadi, seberapa tinggi level edukasi yang diminta oleh perekrut dari perusahaan statup? Apakah lembar ijazah sudah tidak penting lagi di mata mereka? Tidak ada jawaban yang pasti. Tapi, jika Anda ingin tahu kandidat seperti apa yang dicari perusahaan startup, berikut pendapat yang dirangkum dari sejumlah pengusaha sukses terkait latar belakang pendidikan di tim kerja seperti disarikan dari situs Mashable.

Pengalaman lebih penting daripada nilai

Matt Mickiewicz dari Hired melihat perusahaan startup pada umumnya memerlukan tim inti yang terdiri dari orang-orang yang memiliki keteguhan, determinasi dan sikap positif. Sikap ini yang akan membantu perusahaan mengatasi rintangan dan momen keputusasaan dalam membangun organisasi. Jadi, nilai bagus di ijazah, dan almamater mungkin tidak terlalu berarti dibandingkan dengan pengalaman dan semangat kerja. Bahkan, menurut data Google, IPK tidak berkorelasi dengan kesuksesan di tempat kerja. Meskipun ada pengecualian untuk peran yang sangat teknis seperti di bidang keuangan, hukum, teknik, kedokteran.

Pengalaman adalah pendidikan yang cukup

Meski pendidikan formal terlihat bagus dalam sebuah resume. Tapi, Will Land dari Accessory Export, LLC mengatakan bahwa ia lebih memilih kandidat dengan pengalaman untuk bergabung di tim kerja. Seseorang dengan pengalaman sudah bisa bekerja karena pernah berada di posisi yang sama. Tenaga kerja berpengalaman juga bisa berbagi pengetahuan masa lalu. Sementara seseorang yang hanya bermodal pendidikan formal perlu membayangi rekan kerja lain yang memiliki pengalaman. Namun, menurut Land, kandidat ideal adalah orang yang memiliki pengalaman dan didukung pendidikan formal.

Memiliki keinginan belajar yang tinggi daripada sekadar memiliki kualifikasi



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next