Deadline Sudah Dekat Tapi Pekerjaan Belum Selesai? Lakukan 7 Trik Ini | Qerja

Deadline Sudah Dekat Tapi Pekerjaan Belum Selesai? Lakukan 7 Trik Ini

Qerja, 3 years ago
Deadline Sudah Dekat Tapi Pekerjaan Belum Selesai? Lakukan 7 Trik Ini

Deadline. Melihat satu kata ini saja rasanya jantung langsung berdegup kencang dan keringat dingin mulai bercucuran. Libur lebaran semakin dekat dan waktu Anda mengejar deadline sudah makin tipis.

Memang tidak enak rasanya terlunta-lunta mengejar tenggat waktu di beberapa jam terakhir, sembari dalam hati menyesali waktu yang Anda habiskan bersantai-santai di awal hari. Tapi kok sulit, ya, mengubah kebiasaan ini? Apa yang Anda lakukan jika deadline membayang di kubikel Anda? Dan apa saja etika yang perlu Anda perhatikan jika detik-detik habisnya deadline makin dekat?

1. Get in The Zone
Ketika Anda berada di gym, apa yang biasa Anda lakukan untuk memacu semangat? Apakah dengan mendengarkan lagu-lagu yang upbeat? Atau mungkin memvisualisasikan goal Anda? Jika memang ampuh, tidak ada salahnya mempraktikkan trik yang biasa Anda gunakan di luar kerja untuk membangunkan antusiasme Anda saat bekerja. Omong-omong soal olahraga, Anda juga boleh mencoba sedikit aktivitas fisik ringan seperti naik turun tangga atau berjalan-jalan sekitar kantor yang bisa membuat jantung berdebar lebih cepat untuk memompa semangat Anda.

Beberapa orang mengaku kesulitan untuk memasang mindset bekerja jika tidak dekat-dekat tenggat waktu atau tidak dalam keadaan panik. Solusinya, coba geser tenggat waktu sebenarnya ke beberapa jam atau beberapa hari sebelumnya. Mulailah lebih awal dan bangun momentum menjelang batasan waktu yang Anda tetapkan sendiri itu. Dengan begitu, Anda akan tetap dapat menyelesaikannya tepat waktu tanpa keteteran.

2. Singkirkan Pengalih Perhatian
Mematikan semua unsur yang dapat mengalihkan perhatian Anda, mulai dari notifikasi email dan jejaring sosial hingga ponsel Anda sendiri, adalah langkah utama. Namun, kadang kala, Anda juga butuh ketenangan ekstra. Manfaatkan earphone yang tersimpan di laci meja.

Jika Anda masih juga kesulitan berkonsentrasi di meja kerja Anda, coba cari sebuah tempat tenang yang bebas dari suara-suara di kantor dan kolega yang mondar-mandir, misalnya ruangan konferensi yang sedang tidak digunakan. Jangan lupa untuk mengabari penyelia terlebih dulu untuk meminta izin agar Anda tidak dikira menghilang dari meja Anda.

3. Minta Bantuan Kolega
Pastikan kolega Anda sendiri tidak sedang berkutat dengan tenggat waktu. Tanyakan dengan sopan apakah mereka bisa membantu Anda melakukan beberapa porsi pekerjaan Anda atau lakukan barter pekerjaan. Jika mereka bersedia, ucapkan terima kasih dan selalu ingat untuk membalasnya di kemudian hari. Namun Anda harus tahu diri dan jangan melimpahkan semuanya pada kolega Anda. Anda sedang minta bantuan, bukan mendelegasi.

4.Ubah Pola Pikir Anda
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kebanyakan orang cenderung menunda-nunda ketika merasa tugas di depan mata terlalu sulit atau di luar kemampuan. Sebaliknya, ketika Anda merasa tugas terlalu mudah, bisa jadi Anda menunda mengerjakannya karena tahu Anda mampu mengerjakannya di detik-detik akhir.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next