Infografik: Lama Cuti Tahunan di Berbagai Negara | Qerja

Infografik: Lama Cuti Tahunan di Berbagai Negara

Qerja, 3 years ago
Infografik: Lama Cuti Tahunan di Berbagai Negara

Berapa lama cuti tahunan yang Anda dapatkan dari kantor? Kalau kurang dari 12 hari, artinya perusahaan tempat Anda bekerja sudah melanggar undang-undang.

Menurut UU No.13 tahun 2003 Pasal 79 ayat (2), seorang pekerja berhak atas cuti tahunan sekurang kurangnya 12 hari kerja. Di beberapa perusahaan, cuti bahkan bisa mencapai lebih dari 12 hari setahun, atau bertambah satu hari di setiap sekian tahun masa kerja.

Kita yang bekerja di Indonesia patut bersyukur, karena meski 12 hari setahun kesannya sedikit, dibandingkan negara-negara lain di Asia itu sudah tergolong banyak. Bandingkan dengan negara Singapura dan Malaysia yang hanya dapat 7 hari cuti, Vietnam dan Jepang yang hanya 10 hari, atau bahkan Cina dan Thailand yang jatah cuti setahunnya cuma 5 hari (meski memang di Cina ada banyak sekali libur panjang).

Tapi memang, jika dibandingkan dengan Eropa, negara-negara Asia cenderung pelit cuti. Di Eropa, jatah cuti wajib rata-rata mencapai 20 hari dalam setahun. Di Prancis bahkan 25 hari, dan Finlandia mencapai 38 hari. Begitu pun dengan negara-negara di Timur Tengah dan Afrika yang mayoritas memberi cuti tahunan sebanyak 30 hari.

Yang agak berbeda mungkin adalah Amerika Serikat. Dalam undang-undang negaranya, tidak ada aturan soal jumlah cuti tahunan yang harus diberikan perusahaan. Biasanya, kantor-kantor membebaskan karyawannya untuk mengambil cuti berapa lama pun, asal disetujui atasan. Dan rata-rata hanya ada 10 hari cuti yang masih dibayar. Sisanya adalah berupa unpaid leave alias cuti yang tak ditanggung.

Untuk lebih jelasnya, silakan simak infografik berikut tentang lama cuti tahunan di beberapa negara.

Berapa jatah cuti tahunan dari kantor Anda?

INFOGRAFIK LAIN:

10 Perusahaan Dengan Gaji Tertinggi untuk Management Trainee

Total Gaji Anggota DPR Beserta Semua Tunjangannya

Gaji Jokowi vs Gaji Pemimpin Negara Lain di Asia Tenggara

Perbandingan Gaji Wartawan di Berbagai Media di Indonesia



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next