7 Cara Membagi Waktu Antara Karier dan Kehidupan Pribadi | Qerja

7 Cara Membagi Waktu Antara Karier dan Kehidupan Pribadi

Qerja, 1 year ago
7 Cara Membagi Waktu Antara Karier dan Kehidupan Pribadi

Anda mungkin seorang pekerja keras yang menghabiskan lebih banyak waktu di kantor. Pulang ke rumah sudah larut malam, dan keluarga semuanya sudah terlelap. Keesokan paginya, Anda sudah harus berangkat kerja lagi tanpa sempat berinteraksi dengan keluarga.

Menjadi pekerja keras bukanlah suatu kesalahan. Yang jadi masalah adalah jika Anda kesulitan untuk menyeimbangkan pekerjaan dengan kehidupan pribadi Anda.

Tenang, Anda tidak sendirian. Banyak pekerja mengalami masalah yang sama. Memiliki keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi dan sosial memang tidak mudah, apalagi buat mereka yang selalu sangat sibuk di kantor.

Tetapi sebenarnya, keseimbangan antara hidup dan pekerjaan masih mungkin terjadi dengan mengikuti beberapa tips ringan di bawah ini:

1. Introspeksi Diri

Anda bisa melakukan introspeksi diri, apakah Anda bekerja terlalu keras? Berapa jam sehari Anda habiskan untuk bekerja? Apa yang Anda dapatkan dengan bekerja sekeras itu? Kapan terakhir Anda bermain dengan anak? Kapan terakhir kali Anda nonton berduaan dengan pasangan? Atau kapan terakhir kali Anda makan malam bersama seluruh keluarga di meja makan?

Anda juga bisa meminta masukan dari orang disekeliling Anda apakah Anda bekerja terlalu keras. Biasanya Anda sering tidak sadar kalau sedang bekerja, jadi masukan dan saran sangat penting untuk menyeimbangkan diri.

2. Merencanakan Jadwal

Sesibuk apapun pekerjaan Anda, sebisa mungkin usahakan untuk tetap menyisihkan waktu bersama teman-teman. Semua itu bisa Anda siasati dengan membuat jadwal, bukan hanya untuk pekerjaan, melainkan juga untuk acara bersama keluarga dan hangout dengan teman.

Usahakan jangan sampai jadwal yang telah disusun Anda langgar sendiri. Intinya, Anda harus bisa membagi waktu, antara waktu kerja dengan waktu untuk diri sendiri.

3. Fokus di Mana Anda Berada

Ketika Anda berada di kantor, pusatkan pikiran Anda dengan pekerjaan. Namun hentikan berpikir soal pekerjaan saat bersama keluarga, teman atau pasangan Anda. Anda harus fokus di mana pun Anda berada dan jangan mencampuradukkan persoalan di kantor saat pulang ke rumah.


Related Posts

Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami


Read This Next