7 Lowongan Kerja untuk Fresh Graduate dari Semua Jurusan | Qerja

7 Lowongan Kerja untuk Fresh Graduate dari Semua Jurusan

Qerja, 1 year ago
7 Lowongan Kerja untuk Fresh Graduate dari Semua Jurusan

Sulitnya bersaing dengan orang yang memiliki pengalaman kerja sering membuat banyak orang banting stir dan mencari pekerjaan apa saja. Bahkan mereka terkadang rela mengambil profesi yang tidak ada hubungannya dengan latar belakang pendidikan selama ini.

Tetapi jangan salah, banyak juga kok fresh graduate yang enjoy meski harus berkarir di bidang yang berbeda. Mereka bahkan bisa menimba ilmu baru yang selama ini tidak didapat dari bangku kuliah.

Berikut ini beberapa lowongan kerja yang bisa dilamar oleh fresh graduate, meskipun latar belakang pendidikannya berbeda.

1. Pengajar

Menjadi pengajar baik tetap maupun freelance, di sekolah maupun di lembaga pendidikan lain seperti tempat kursus, bisa ditekuni fresh graduate sambil mencari profesi impian. That’s right. Menjadi guru pendidikan dasar tidak memerlukan background pendidikan yang spesifik. Anda bisa mengajar matematika, ilmu pengetahuan, bahasa asing, musik, atau apa pun ketrampilan yang Anda bisa. 

Untuk menjadi pengajar, Anda hanya membutuhkan modal kesabaran dan cinta anak-anak. Kurangnya profesi guru membuat peluang Anda di profesi ini terbuka lebar.

Lihat daftar lowongan fresh graduates sebagai guru, di sini.

2. Agen Asuransi

Profesi lainnya adalah agen asuransi, yang bisa dilakukan semua background pendidikan. Saat ini beragam produk asuransi banyak ditawarkan dan kesadaran pentingnya asuransi juga sudah mulai ada. Jadi Anda bisa menekuni profesi ini tanpa harus punya pendidikan khusus.

Cukup dengan modal pintar menjalin hubungan dan pengetahuan luas soal produk yang Anda tawarkan, Anda bisa membidik target dari keluarga, teman, tetangga, atau siapa pun relasi Anda yang belum mempunyai asuransi.

Lihat daftar lowongan agen asuransi di sini.

3. Public Relations

Berkecimpung menjadi Public Relations (PR) atau hubungan masyarakat bisa jadi pilihan karyawan lulusan segala jurusan. Meski memang biasanya lulusan jurusan komunikasi diutamakan, namun ini bukan syarat utama. Anda hanya harus memiliki koneksi yang luas dan kemampuan komunikasi yang baik. Penampilan menarik juga bisa membantu, karena tugas Anda nantinya adalah membantu klien memberikan citra positif untuk perusahaan, mempromosikan suatu barang, termasuk juga berhubungan dengan pers.

Lihat daftar lowongan Public Relations di sini. 

4. Wartawan/Media

Yup. Menjadi wartawan tidak melulu harus lulusan ilmu jurnalistik. Siapa pun bisa menjadi wartawan selama dia cinta tulis menulis dan siap bekerja keras. Memang sih, background pendidikan bisa menjadikan dia jurnalis dengan spesialis tertentu. Tetapi sih kebanyakan jurnalis di Indonesia harus menguasai semua isu tanpa terkecuali.

Selain media cetak, para fresh graduate juga bisa melamar ke media online atau TV. Untuk TV, profesi lain yang bisa dilamar tanpa membutuhkan background pendidikan tertentu adalah sebagai talent, cameramen, produser dan masih banyak lagi

Lihat daftar lowongan sebagai reporter di media massa di sini.


Related Posts

Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami


Read This Next