6 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Membuka Usaha Kuliner | Page 2 | Qerja

6 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Membuka Usaha Kuliner

Qerja, 5 years ago
6 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Membuka Usaha Kuliner

Misalnya kalau Anda membuka restoran sop buntut sapi, untuk membedakan dengan ratusan tempat lain yang menyediakan sop buntut sapi, Anda bisa berkreasi dengan membuat atau sop tulang sumsum rasa keju. Kreasi yang unik dan lain dari yang lain inilah yang membuat bisnis Anda dibicarakan banyak orang.

5. Kualitas makanan tetap nomor satu

Meski banyak tempat makan dan jenis makanan yang mendadak booming hanya karena tren, yang membuat usaha kuliner panjang umur tetap adalah kualitas makanannya. Kualitas ini tak hanya soal rasa, tapi juga apakah kebersihan makanan sudah memenuhi standar. Pastikan semua staff di dapur Anda sudah mendapat pelatihan dan selalu mempraktikkan standar kebersihan di industri restoran, dari mulai cara pengolahan bahan makan, standar penyimpanan, hingga aturan cara mencuci tangan yang benar bagi pekerja kuliner.

6. Manajemen Keuangan

Bisnis apapun tak akan sukses jika tak ditunjang dengan sistem manajemen keuangan yang baik dan transparan. Kalau Anda tak memiliki sistem yang baik dalam mengelola modal, pemasukan, dan pengeluaran harian, bisa-bisa bisnis Anda tumbang dalam hitungan bulan.

Sebelum Anda membuka bisnis kuliner, pastikan Anda sudah tahu bagaimana cara mengelola keuangan bisnis baru Anda. Anda bisa belajar secara otodidak melalui buku atau website gratis, atau sewa penasihat keuangan kalau perlu.

Punya pengalaman buka usaha kuliner? Apa nasihat yang bisa Anda berikan? Beri tahu kami di kolom komentar di bawah ini.

Tertarik kerja di bidang kuliner tapi belum berani buka usaha sendiri? Simak lowongan pekerjaan di dunia kuliner berikut ini.

BACA JUGA:

7 Profesi yang Bisa Dilakukan Ibu Rumah Tangga

7 Tips Sukses Bekerja Sebagai Freelance

7 Lowongan Kerja di Hotel Dengan Gaji di Atas 8 Juta



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next