Izin Keluar Kantor untuk Wawancara Kerja | Qerja

Izin Keluar Kantor untuk Wawancara Kerja

Eka Utami, 1 year ago
Izin Keluar Kantor untuk Wawancara Kerja

Panggilan wawancara kerja di perusahaan lain adalah kabar yang menyenangkan sekaligus membingungkan. Anda bahagia karena beberapa langkah lagi akan diterima di perusahaan impian. Namun, Anda juga harus berpikir keras agar bisa meminta izin keluar kantor untuk menghadiri sesi wawancara kerja.

  

Ya, mungkin Anda harus sedikit berbohong soal ini. Atau Anda bisa berdalih dengan mengatakan “ada keperluan” tanpa mengungkapkan alasan yang sebenarnya. Berikut beberapa cara meminta izin dari kantor untuk menghadiri sesi wawancara di perusahaan lain seperti disarikan dari efinancialcareers.com.

Izin makan siang lebih lama

Jika undangan wawancara kerja Anda jatuh pada jam 1 siang, Anda bisa minta izin kepada atasan untuk keluar makan siang lebih lama dari biasanya. Jika manajer bertanya, Anda bisa mengatakan alasan untuk menemui seorang teman lama. Sebab, mungkin manajer perekrutan itu memang teman Anda.

 Izin terlambat atau pulang lebh cepat

Pegawai bisa minta izin untuk datang terlambat atau pulng lebih cepat. Beberapa alasan yang diungkapkan antara lain janji dengan dokter, berurusan dengan bank, membuat kartu kependudukan di kantor pemerintahan atau mengawasi tukang yang sedang memperbaiki rumah. Anda akan sedikit berbohong, sebab tidak benar-benar datang ke dokter atau bank tapi menghadiri sesi wawancara di perusahaan lain. Namun, Anda terdesak karena kabar tentang jadwal wawancara kerja datang tiba-tiba.

Jika Anda terpaksa berbohong, lakukan dengan benar. Janji dengan dokter biasanya memang di pagi hari atau sore hari. Anda jangan menggunakan alasan ini untuk menghadiri sesi wawancara jam 1 siang. Sementara kantor bank sudah tutup pada pukul 3-4 sore. Jadi, Anda harus menghindari argumen tersebut jika sesi wawancara Anda berlangsung sore hari.

Meski begitu, Anda tetap harus profesional dalam pekerjaan. Kalau harus datang terlambat, maka bekerjalah hingga larut malam. Jika terpaksa pulang lebih cepat, maka datanglah ke kantor pagi-pagi sekali. Anda juga bisa meminta tugas tambahan di lain hari untuk mengganti waktu yang terbuang.

Cuti



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami