Ask The Expert: Bagaimana Cara Memulai Karir Sebagai Konsultan | Qerja

Ask The Expert: Bagaimana Cara Memulai Karir Sebagai Konsultan

Qerja, 2 years ago
Ask The Expert: Bagaimana Cara Memulai Karir Sebagai Konsultan
“Dear Qerja, saya ingin bertanya bagaimana cara yang baik untuk memulai karir sebagai konsultan?” – Andy

———-

  
Hai Andy,
 
Bekerja sebagai seorang konsultan, berarti paling tidak Anda harus masuk ke dalam kategori orang yang berada di Top 5 Percent saat menjadi seorang mahasiwa. Anda juga harus memiliki IQ dan EQ yang sangat baik. Dengan modal itu, Anda seharusnya sudah bisa bekerja di top management perusahaan konsultan besar.

Jika Anda termasuk ke dalam top 10 in your school, maka perusahaan konsultan raksasa di dunia seperti McKinsey pasti dengan senang hati akan memberikan kesempatan bagi Anda. Mereka biasanya memiliki satu sistem pelatihan yang bisa melatih Anda untuk menjadi konsultan yang handal. Anda pun bisa memilih untuk membuka praktik sendiri dan menjalankan bisnis sebagai konsultan terlepas dari perusahaan. 

 
Tetapi, dalam opini saya, seorang konsultan yang baik adalah orang yang pernah memiliki pengalaman langsung di lapangan, bukan hanya sekadar pintar menjual tulisan di atas kertas dan hanya mampu menjabarkan permasalahan di dalam proposal. Konsultan yang baik tidak hanya mengetahui bagaimana proses bisnis itu berlangsung, tapi juga pernah melakukan eksekusi langsung di lapangan.


Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami