Profesi Cagub dan Cawagub DKI Jakarta | Qerja

Profesi Cagub dan Cawagub DKI Jakarta

Eka Utami, 12 months ago
Profesi Cagub dan Cawagub DKI Jakarta

Para Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta punya karier gemilang di bidangnya masing-masing. Ada yang menjadi prajurit berprestasi, pengusaha handal, birokrat sejati hingga tokoh pendidikan. Kiprahnya di dunia politik dan sumbangsihnya kepada masyarakat membuat mereka layak menjadi calon pemimpin di ibukota.

  

Kini, beberapa dari mereka harus berhenti dari pekerjaannya demi bisa bertarung di ajang Pemilihan Kepala Daerah tahun 2017 mendatang. Calon petahana pun harus cuti dari tugas-tugasnya agar bisa fokus pada kampanye untuk mendulang suara. Berikut profesi Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta diurutkan dari nomor pemilihan mereka.

Agus Harimurti, Tentara

Agus Harimurti adalah seorang tentara. Setelah menyelesaikan pendidikan di Akademi Militer, dia mengemban berbagai tugas negara. Salah satunya sebagai pasukan Perserikatan Bangsa-Bangsa ke Afghanistan. Berdasarkan catatan Merdeka.com, sepanjang karier di dunia militer, Agus pernah dipercaya sebagai Kepala Operasi Infanteri 17 Brigade Airbone Kostrad TNI AD, Batalyon Infanteri (Yonif) Mekanis dan Wadan Yonif Mekanis 201/Jaya Yudha.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo sendiri mengakui Mayor TNI (Inf) Agus sebagai prajurit yang baik. Gatot mengatakan pada Kompas.com bahwa Agus menguasai tiga aspek penting dalam pendidikan militer, yakni mental, fisik, dan intelektual. Sehingga dia masuk seleksi menjadi pimpinan TNI. Namun, karier Agus di bidang kemiliteran berhenti pada 2016 karena mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Sylviana Murni, Birokrat

Sylviana Murni adalah birokrat sejati. Menurut catatan Merdeka.com, dia mengawali karier sebagai pegawai negeri sipil pada tahun 1985. Saat itu, Sylvi menjadi staf penatar di Badan Pembinaan Pendidikan dan Pelaksanaan Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila ( BP7). Sylvi kemudian meniti karier di Biro Pembinaan Mental (Bintal) DKI Jakarta. Dia juga sempat memegang jabatan sebagai Kepala Biro Bina Sosial DKI Jakarta, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan Kepala Dinas Pendidikan Dasar.

Karier Sylvi melonjak ketika dia dipilih menjadi Walikota Jakarta Pusat pada 2008. Pengalamannya sebagai birokrat handal yang mengerti seluk beluk Jakarta membuatnya dipilih menjadi Deputi Gubernur Bidang Pariwisata dan kebudayaan DKI Jakarta pada masa pemerintahan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama. Kini Sylvi dipercaya untuk mendampingi Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta di ajang Pilkada 2017.

Basuki Tjahaja Purnama, Pengusaha dan Politisi

Basuki Tjahaja Purnama adalah insinyur geologi dari Universitas Trisakti yang membangun usaha di bidang kontraktor pertambangan. Dia juga mendirikan PT Nurindra Ekapersada, yang merupakan awal perjalanan dari Gravel Pack Sand (GPS). Ahok –panggilan akrab Basuki- juga membangun pabrik pengolahan pasir kuarsa pertama di Belitung, yang berlokasi di Dusun Burung Mandi. Ahok pun sempat bergabung dengan PT Simaxindo Primadaya sebagai staf direksi bidang analisa biaya dan keuangan proyek.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami