Standar Gaji Pengacara di Indonesia | Qerja

Standar Gaji Pengacara di Indonesia

Steffi Teowira, 11 months ago
Standar Gaji Pengacara di Indonesia

Kabar bahwa Gubernur DKI Jakarta non-aktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan maju ke pengadilan terkait kasus penistaan agama dengan menggandeng 50 orang pengacara menjadi sorotan media massa sejak awal Desember 2016. Jumlah tim penasehat hukum sejumlah itu mungkin terdengar banyak, namun dengan pertimbangan bobot kasus ini, sepertinya persiapan tersebut tidak terlalu berlebihan.

  

Tidak hanya untuk kejadian ini saja, belakangan profesi pengacara sering muncul sebagai topik pembicaraan dengan semakin maraknya kasus-kasus pidana maupun perdata high profile yang ditampilkan sebagai konsumsi publik. Dari tugas seorang pengacara hingga gaji yang mereka terima, profesi ini selalu menarik untuk dibahas.

Tertulis di UU No 18/2003 pasal 18, advokat atau pengacara atau disebut kuasa hukum atau konsultan hukum adalah mereka yang berprofesi memberi jasa hukum, baik di dalam maupun di luar pengadilan yang memenuhi persyaratan berdasarkan ketentuan Undang-Undang.

Menjadi pengacara bukan satu-satunya jalan karier di bidang hukum, namun pilihan karier sebagai konsultan hukum ini termasuk yang paling diminati kaum profesional muda karena dianggap cukup menghasilkan. Selain gaji, masih ada lagi insentif bonus tahunan dengan nilai berkali-kali lipat gaji bulanan.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami