Perbedaan Tamtama, Bintara dan Perwira TNI | Qerja

Perbedaan Tamtama, Bintara dan Perwira TNI

Eka Utami, 4 weeks ago
Perbedaan Tamtama, Bintara dan Perwira TNI

Apa cita-cita Anda semasa kecil? Apakah Anda ingin menjadi tentara? Jika Anda masih memelihara impian itu, maka inilah saat yang tepat untuk memulai karier sebagai seorang tentara.

Setiap tahunnya, TNI selalu membuka kesempatan untuk seluruh Warga Negara Indonesia, baik pria maupun wanita yang ingin menjadi tentara. Anda tidak boleh kehilangan peluang untuk bergabung dengan TNI Angkatan Laut, TNI Angkatan Udara maupun TNI Angkatan Darat.

Sembari menunggu dan menyiapkan persyaratan yang dibutuhkan, ketahui dulu bahwa ada tiga jenjang kepangkatan yang dapat Anda lamar. Pilihannya adalah tamtama, bintara dan perwira.

Ketiga jenjang kepangkatan yang ada di TNI penting untuk Anda ketahui karena syarat pendaftarannya berbeda, dan jenjang kariernya berbeda pula. Maka, jangan sampai keliru, mendaftarlah di jenjang yang paling sesuai dengan Anda. Berikut penjelasannya.

Tamtama

Warga Negara Indonesia yang mendaftarkan diri menjadi calon tamtama akan mengikuti pendidikan kemiliteran di sekolah calon tamtama. Seseorang dengan ijazah Sekolah Menengah Pertama pun bisa mengikuti pendidikan tersebut. Menurut Suaramerdeka.com, mereka dilatih agar memiliki jiwa militansi, rela berkorban dan berjuang tanpa pamrih untuk bangsa dan negara. Setelah mempunyai karakter prajurit, para calon tamtama akhirnya bisa dilantik sebagai tamtama. Tamtama siap menerima dan mengerjakan berbagai tugas strategis di bawah pimpinan seorang bintara.

Para tamtama adalah golongan paling rendah dalam ketentaraan. Jenjang karier untuk golongan tamtama dimulai dari peringkat prajurit atau kelasi, lalu kopral.

Syarat mendaftar menjadi tamtama antara lain:
– Tinggi min 163 cm
– Umur maksimal 22 tahun dan minimal 17 tahun 9 bulan
– Lulusan SLTP atau sederajat


Related Posts

Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami


Read This Next