Ask the Expert: Menjawab Pertanyaan Wawancara Yang Sulit

Steffi Teowira, 3 weeks ago
Ask the Expert: Menjawab Pertanyaan Wawancara Yang Sulit

“Saya seorang risk manager di salah satu startup fintech di Jakarta. Saya baru bekerja 6 bulan di perusahaan ini. Namun perbedaan pemahaman mengenai penanganan kasus fraud internal antara saya dengan sang CEO membuat saya harus mencari pekerjaan baru.

Pertanyaan saya, apa yang harus saya jawab saat interview di perusahaan baru, jika mereka menanyakan kenapa saya melamar pekerjaan lain saat saya baru bekerja 6 bulan? Terima kasih.” – Ardi


 

Hai Ardi,

Coba refleksikan kembali seluruh perjalananmu secara objektif, dari ketika kamu mulai menghadapi konflik tersebut hingga saat kamu melakukan exit interview: Jika bisa memutar kembali waktu, kira-kira adakah hal yang akan kamu hindari agar tidak tersandung masalah tersebut? Apa saja yang bisa kamu perbaiki dan pelajari dari pengalamanmu itu? Pikirkan kembali semuanya dengan akal dingin dan berusahalah untuk melihat perkara tersebut dari perspektif lain.

Sampaikan semua hal di atas dengan jujur saat ditanya oleh pewawancara. Semua orang tentu pernah melakukan kesalahan. Yang penting, kamu bisa menunjukkan pada calon atasan barumu bahwa kamu belajar banyak dari pengalaman itu dan kini kamu siap untuk menjadi pegawai yang lebih baik.


Related Posts

Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami


Read This Next



Ikuti Kami