8 Profesi yang Akan Bersaing di Program Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) | Page 2 | Qerja

8 Profesi yang Akan Bersaing di Program Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)

Qerja, 2 years ago
8 Profesi yang Akan Bersaing di Program Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)

5. Dokter Gigi

  

Dokter gigi juga merupakan profesi yang disebutkan dalam MEA. Dokter gigi bertugas untuk melakukan pencegahan kerusakan dan penyakit pada gigi dan mulut. Saat ini yang mengambil profesi dokter gigi di Indonesia masih sedikit, sehingga banyak peluang kerja untuk profesi yang satu ini.

6. Tenaga Survei

Tenaga survei yang dimaksud di sini adalah mereka yang ahli dalam bidang pengukuran bumi, dalam hal ini pengukuran tanah ataupun darat. Jadi bukan tenaga survei untuk pemilu atau badan survei yang selama ini Anda dengar.

Umumnya, tenaga survei atau surveyor berasal dari sekolah-sekolah yang mengajarkan ilmu-ilmu pengukuran bumi, di antaranya  adalah lulusan Teknik Geodesi dan Geomatika dari universitas, lulusan Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (BPN), dan institusi lain yang bergerak dalam kerekayasaan konstruksi.

Hingga saat ini kebutuhan untuk tenaga survei masih sangat tinggi di Indonesia.

7. Praktisi Medis

Dengan masuknya praktisi medis dalam daftar profesi yang boleh wara wiri di ASEAN, maka jangan heran bila Anda bertemu dokter asing di sebuah rumah sakit yang Anda kunjungi. Benar, praktisi medis seperti dokter fisik dan dokter gigi memiliki kesempatan untuk membuka praktik di negara seputar ASEAN.

8. Perawat

Selain dokter dan dokter gigi, perawat juga memiliki kesempatan kerja di seluruh negara ASEAN bila mereka memiliki kompetensi yang meyakinkan plus jam terbang yang lumayan tinggi.

Jadi buat Anda yang memiliki delapan profesi ini, maka Anda bukan hanya harus bersiap-siap menambah kompetensi diri, tetapi juga harus mulai berpikir untuk go-international, setidaknya di negara-negara ASEAN terlebih dahulu.

Foto: indonesiakreatif.net


Cek gaji profesi lain di sini.

 



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami