Cara Menjaga dan Menjalin Network | Qerja

Cara Menjaga dan Menjalin Network

Eka Utami, 1 year ago
Cara Menjaga dan Menjalin Network

Anda mesti menjaga hubungan baik dengan semua orang yang Anda kenal.  Apakah itu rekan yang pernah bekerjasama, mitra bisnis dari perusahaan lain, ataupun seorang kolega yang sempat betemu dan bertukar kartu nama di sebuah acara gala dinner. Mungkin suatu hari orang-orang tersebut bisa membantu perkembangan karier Anda. Sebaliknya, bisa saja Anda yang akan memberi manfaat untuk mereka.

Chief of Organizational Happiness Insight Out Ali Zaenal Abidin menceritakan pengalaman tentang pentingnya menjaga network. Saat sedang menjalani pelatihan untuk sertifikasi coach di Amerika Serikat, Ali diminta untuk mencari klien sungguhan. Penugasan ini cukup sulit. Namun, akhirnya Ali mendapat klien seorang warga negara Indonesia dengan memanfaatkan jaringannya di tanah air.

Setela menjadi coach bersertifikat, Ali tidak bekerja di perusahaan manapun. Dia menjadi freelance consultant dan membuka jasa konsultasi sendiri. Meski tidak berada di bawah naungan perusahaan, Ali tetap bisa mendapat klien.  “Klien tahu saya dari rekomendasi orang lain,” kata Ali. Kini, Ali mau membagi tips bagaimana menjaga network untuk Anda.

Mengubah pola pikir

Mungkin Anda selalu menjaga network dengan tujuan tertentu. Anda berpikir orang-orang yang ada di jaringan bisa berguna suatu saat nanti. Tapi, Ali mengajak kita mengubah pola pikir tersebut. “Semua orang berpikir tentang ‘apa yang saya butuhkan?’ Tetapi ketika Anda berpikir ‘apa yang mereka butuhkan?’ Maka Anda akan stand out,” kata Ali. Jadi menurutnya, Anda harus punya rasa ingin tahu tentang kebutuhan orang-orang yang ada di jaringan Anda. Siapa tahu Anda bisa membantu.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next