Anda Tidak Pernah Mendapat Promosi, Apa Yang Kurang Dari Anda? | Qerja

Anda Tidak Pernah Mendapat Promosi, Apa Yang Kurang Dari Anda?

Qerja, 2 years ago
Anda Tidak Pernah Mendapat Promosi, Apa Yang Kurang Dari Anda?

Anda sudah bekerja selama bertahun-tahun, mungkin 3 tahun, mungkin juga 5 tahun. Anda sudah bekerja keras, mendedikasikan diri Anda ke perusahaan sepenuhnya, menyelesaikan tugas yang diminta oleh atasan, namun pada akhirnya Anda mau tidak mau melihat rekan kerja Anda lah yang dipromosikan, sedangkan Anda masih duduk di kursi yang sama, meja yang sama, dan tugas yang sama. Sebenarnya, apa yang kurang dari Anda?

Selain gaji, promosi merupakan faktor penting bagi karyawan sebagai bentuk motivasi agar karyawan bertahan lama. Sebagian besar karyawan memiliki ambisi untuk menaiki jenjang karir dan suatu hari menjadi seorang bos. Perjalanan menjejaki jenjang karir tidaklah mudah, Anda harus bersaing dengan rekan-rekan kerja Anda satu divisi atau juga divisi lain.

Tidak pernah dipromosi dilewatkan untuk promosi di tempat kerja

Seorang karyawan biasanya dipromosikan berdasarkan masa kerjanya. Masa kerja 3-5 tahun pada umumnya mendapat promosi 1 level jabatan. Jika dalam masa kerja tersebut Anda belum mendapatkan promosi, maka Anda harus mengecek beberapa hal berikut.

  1. Hanya Mengerjakan Job Desk Anda

Tidak pernah dipromosi dilewatkan untuk promosi di tempat kerja

Mengerjakan job desk Anda memang baik, namun jika Anda membangun benteng terhadap pekerjaan Anda, selalu menolak pekerjaan diluar job desk Anda maka Anda akan dinilai perusahaan sebagai karyawan yang tidak loyal. Atasan akan menilai Anda adalah karyawan yang kaku, tidak percaya diri, dan tidak dapat dipercaya. Berpikir positif jika Anda diberi pekerjaan diluar job desk. Hal itu berarti Anda dipercaya oleh atasan bahwa Anda dapat mengerjakan tugas tersebut. Tentu pekerjaan yang diberikan ini seharusnya tidak sampai membuat pekerjaan inti Anda terbengkalai.

  1. Anda Tidak Memberikan Hasil Kerja Yang Terlihat Oleh Atasan

Tidak pernah dipromosi dilewatkan untuk promosi di tempat kerja

Setiap fungsi pekerjaan memang ada yang sebagian besar pekerjaannya berada di belakang layar saja, seperti akuntan, HR, IT, dan lainnya. Berbeda dengan Marketing yang dalam barisan perang adalah barisan paling depan. Pada kenyataannya, pekerjaan yang berada di barisan paling depan seperti Marketing lebih mudah mendapatkan promosi dibandingkan pekerjaan di balik layar. Apa yang membedakan Marketing dengan divisi lain yang berada di belakang layar?

Sebagai seorang bos, tentunya bos menginginkan hasil yang dapat dilihat. Seorang Marketing bisa dengan cepat mendapatkan promosi karena hasil kerjanya yang terlihat. Hasil kerja seorang Marketing biasanya dapat diukur berupa Key Perfomance Indicator (KPI) yang dihitung dari pendapatan dan profit yang berhasil diberikan ke perusahaan. Divisi lain pun tentu memiliki KPI-nya masing-masing, namun mungkin tidak terlihat kontribusi apa yang sudah diberikan untuk perusahaan.

Jika Anda bekerja di balik layar, Anda bisa mencatat pekerjaan apa saja yang telah berhasil Anda kerjakan. Jika bisa, cantumkan pula kontribusi yang telah Anda berikan ke perusahaan secara kuantitatif dan keuntungannya bagi perusahaan.


Related Posts

Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami


Read This Next