5 Hal yang Sering Ditanyakan Seputar Pensiun Dini | Qerja

5 Hal yang Sering Ditanyakan Seputar Pensiun Dini

Qerja, 2 years ago
5 Hal yang Sering Ditanyakan Seputar Pensiun Dini

Saat Anda jenuh bekerja, mungkin terlintas di kepala Anda untuk berhenti, atau mungkin pensiun dini. Anda membayangkan betapa enaknya hidup tanpa harus masuk kantor, tidak perlu macet-macetan, dan tidak ada stress karena pekerjaan. 

  

Pengertian pensiun dini adalah keluarnya seseorang dari pekerjaan lebih cepat dari waktu yang sudah ditentukan perusahaan/instansi. Misalnya kebijakan pensiun di perusahaan Anda adalah saat Anda berusia 55 tahun, tetapi Anda memutuskan untuk pensiun lebih dini yaitu pada usia 50 tahun.

Istilah pensiun dini semakin popular saja setelah kementerian PAN-RB memberlakukan kebijakan pensiun dini bagi pegawai negeri sipil yang memiliki skill rendah dan sulit dikembangkan lagi. Kebijakan ini akan berlaku efektif tahun 2016 mendatang.

Nah, berikut ini lima pertanyaan yang sering diajukan soal pensiun dini:


1. Kapan Pensiun Dini Bisa Dilakukan?

Masa pensiun seorang karyawan di perusahaan atau instansi itu berbeda-beda. Ada yang mematok usia pensiun 55 tahun, ada juga yang membatasi usia pensiun karyawan hingga 60 tahun.

Biasanya sih, pensiun dini dilakukan saat usia karyawan di kisaran 40 tahunan, tentu saja bila si karyawan sudah bekerja di tempat tersebut selama 15-20 tahun. Jadi kalau Anda baru bekerja beberapa tahun saja di kantor tersebut, Anda tidak berhak untuk pensiun dini.


2. Apa Alasan Seseorang untuk Pensiun Dini?

Tentu saja alasan untuk pensiun dini tidak sama antara satu karyawan dan lainnya. Alasan yang sering diajukan adalah karena ingin buka usaha sendiri, sedang sakit, jenuh bekerja, atau bahkan karena menikah dengan teman sekantor.


3. Apakah Undang-Undang Mengatur Tentang Pensiun Dini?



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami