Cara Merencanakan Masa Depan Karier | Qerja

Cara Merencanakan Masa Depan Karier

Eka Utami, 9 months ago
Cara Merencanakan Masa Depan Karier

Perencanaan karier bukanlah aktivitas yang dilakukan sekali seumur hidup. Seiring dengan kemajuan karier dan pekerjaan, kita bisa tertinggal dari rencana karier yang pernah dibuat sendiri. Seharusnya perencanaan karier dilakukan secara reguler –terutama bagi pegawai yang sering mengubah karier beberapa kali dalam hidupnya. Kalau Anda belum melakukan perencanaan karier secara reguler, maka sekarang saatnya.

  

Perencanaan karier bukan pekerjaan berat. Maka itu, jangan takut atau menunda untuk memulai perencanaan. Jadikan setiap langkah dalam karier Anda menjadi sebuah pengalaman berharga. Berikut tips merencanakan karier seperti disarikan dari Livecareer.com.

Perencanaan karier sebagai kegiatan tahunan

Kita seringkali melakukan pemeriksaan fisik secara berkala. Kita datang ke dokter atau dokter gigi dalam beberapa bulan sekali untuk pemeriksaan kesehatan. Anda bisa melakukan hal yang sama dalam perencanaan karier. Tentukan satu hari dalam setahun untuk melakukan perencanaan—Anda bisa melakukan perencanaan beberapa kali dalam setahun jika berencana membuat perubahan besar—. Pada hari itu, pastikan Anda terbebas dari gangguan. Sehingga Anda bisa fokus untuk menentukan langkah besar dalam karier, dalam hidup.

Jika perencanaan karier sudah menjadi kegiatan berkala, maka Anda akan merasa aman dalam menentukan pilihan dan arah karier selanjutnya. Anda juga akan siap untuk menghadapi ketidakpastian dan kesulitan yang terbentang di hadapan.

Memetakan jalur karier

Salah satu kegiatan pertama saat merencanakan karier adalah memetakan jalur karier. Di manakah posisi Anda sekarang? Bagaimana bentuk kurva yang dibentuk dari garis perjalanan karier Anda? Mungkin kurva tersebut berbentuk mangkuk terbuka. Artinya, pada pertengahan tahun, Anda pernah terpuruk dan berhasil bangkit menjelang akhir tahun. Mungkin saja ada garis datar yang menunjukkan karier Anda stagnan.

Pada saat ini, Anda akan melihat bagaimana perjalanan yang sudah dilalui sebelum mencapai posisi tersebut. Anda bisa mengambil waktu sejenak untuk merefleksikan diri dan me-review jalur karier. Apakah Anda bahagia dengan kondisi tersebut? Apakah Anda bisa melakukan yang lebih baik? Apakah Anda bisa melakukan dengan cara yang berbeda?

Merefleksikan kesukaan dan ketidaksukaan, kebutuhan dan keinginan

Semua orang bisa berubah. Mungkin Anda menikmati pekerjaan dua tahun lalu. Sebab, ada tugas-tugas yang disukai sampai Anda bersedia lembur dengan sukarela. Tapi hari ini tampaknya Anda tertarik pada hal yang berbeda.

Anda bisa membuat dua kolom mengenai hal yang disukai dan tidak disukai terkait pekerjaan dan karier. Jika mengisi kolom yang disukai lebih banyak, maka Anda masih berada di jalur yang benar. Namun, jika Anda merasakan banyak hal yang tidak disukai di kantor, mungkin sekarang saatnya untuk melakukan perubahan.

Akhirnya, Anda juga harus memikirkan tentang kebutuhan dan keinginan terkait karier dan pekerjaan. Apa yang Anda cari sebenarnya? Apakah Anda ingin mengubah dunia? Apakah Anda ingin terkenal? Apakah Anda ingin mandiri secara finansial? Anda harus memahami hal yang akan membuat sukses dan bahagia.

Mungkinkah hobi jadi pekerjaan?

Pada saat melakukan perencanaan karier, Anda juga bisa memikirkan aktivitas lain yang dilakukan di luar pekerjaan seperti hobi. Mungkin selama ini Anda hanya menjalankan hobi sebagai kegiatan menyenangkan. Tetapi sekarang, Anda mulai merasakan passion yang lebih besar setiap kali mengerjakan hobi. Anda bisa saja menjadikan hobi sebagai pekerjaan sampingan atau bahkan pekerjaan utama.

Beberapa tokoh yang terkenal menjadikan hobi sebagai pekerjaan dan akhirnya mengubah karier. Pelukis ternama Paul Gauguin adalah pebisnis sukses yang suka melukis di waktu luang. Seorang artis yang mengagumi karya seni mendorong Gauguin untuk memikirkan hobinya ke arah yang lebih serius. Akhirnya Gauguin mengubah karier dan menjadi pelukis. Gauguin adalah pebisnis yang hebat, tetapi kecintaannya adalah lukisan.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami