Gaji dan Review Profesi Arsitek di Indonesia | Qerja

Gaji dan Review Profesi Arsitek di Indonesia

Steffi Teowira, 3 months ago
Gaji dan Review Profesi Arsitek di Indonesia

Profesi sebagai arsitek sering muncul di daftar pekerjaan yang paling menghasilkan. Bersama dengan IT dan pengacara, arsitek dianggap sebagai posisi yang bisa mendatangkan gaji besar dan prestise tersendiri. Benarkah kondisi di pasaran kerja selalu begitu?

Bagaimana rasanya bekerja sebagai arsitek?

Di sejumlah perusahaan yang tercatat di Qerja, ketimpangan antara porsi kerja dengan gaji menjadi salah satu keluhan utama. Belum lagi beban kerja, tekanan, dan waktu kerja panjang dianggap sebagai kekurangan profesi ini oleh rata-rata arsitek yang berbagi pengalaman di laman kami.

Tidak melulu hanya mengerjakan bangunan pencakar langit atau perumahan, ada juga arsitek yang spesifikasinya di lanskap atau desain industri. Berkutat di bidang mana pun, arsitek adalah salah satu profesi yang erat mengedepankan kombinasi kreativitas dan pemahaman pragmatis terhadap kebutuhan estetika dan fungsi rancangan, begitu pula lingkungan sekitar.

Karier sebagai arsitek ideal untuk individu kreatif yang tidak keberatan dengan tantangan dalam bekerja dan kebutuhan untuk terus berkembang. Bahkan arsitek senior masih terus belajar dari berbagai proyek karena masing-masing cenderung berbeda dan cukup variatif, dari skala hingga detail rancangan.

Standar gaji arsitek di Indonesia


Related Posts

Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami


Read This Next