Sepuluh Resolusi Tahun Baru Yang Akan Mendukung Kemajuan Karier

Oleh Steffi Teowira, 6 years ago
5. Tidak Ketinggalan Deadline Lagi
Salah satu penyebab utama kebanyakan individu sering melewatkan tenggat waktu adalah menunda-nunda pekerjaan, entah karena merasa pekerjaan terlalu sulit atau terlalu mudah. Anda bisa mengatasinya, kok. Langkah utama adalah mencari tahu pasti mengapa Anda sepertinya kesulitan menyelesaikan tugas tepat waktu dan membereskannya langsung ke akar permasalahan.

6. Tidak Mudah Terjebak Stress
Tekanan kerja berlebih tidak mesti menjadi awan gelap yang senantiasa mengikuti Anda di tempat kerja. Sebanyak apapun tanggung jawab Anda, selalu ada hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk memperkecil peluang Anda terserang stress, seperti menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk saat bekerja yang hanya akan membebani pikiran, seperti terlalu perfeksionis atau terlalu pasrah dengan situasi kerja yang kurang dari ideal. 

7. Tidak Mengorbankan Kesehatan
Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa bekerja di ruang kantor membawa efek negatif pada tubuh Anda, mulai dari duduk selama berjam-jam hingga mata letih karena berhadapan dengan layar komputer. Dedikasi Anda terhadap karier tidak harus mengacaukan kesehatan Anda. Aktivitas fisik ringan rutin di jam kantor, makan makanan bergizi, dan sedikit istirahat sudah cukup untuk membantu meringankan efek jam kerja panjang terhadap tubuh Anda.

8. Lebih Banyak Menghabiskan Waktu Dengan Orang Terdekat
Ketika pekerjaan menyita waktu dan perhatian Anda, imbasnya kemungkinan besar akan terasa pada kehidupan sosial Anda dan tidak hanya berimbas pada hidup pribadi Anda. Jika porsi kerja berlebihan mulai mengganggu kehidupan pribadi, stress yang dihadapi akan bertambah beberapa kali lipat sehingga berisiko mengganggu konsentrasi saat bekerja. Pastikan agar Anda selalu punya waktu untuk bersantai bersama keluarga dan teman agar work-life balance tetap terjaga dengan baik.

9. Menjalin Koneksi Dengan Orang-Orang Baru
Networking adalah salah satu cara untuk mengakselerasi pergerakan karier Anda  dengan menjalin hubungan baik secara strategis dengan beberapa individu. Mulailah dengan mereka yang ada di sekitar Anda. Ada ajakan untuk makan siang bareng dengan kolega? Sekali-kali iyakan saja. Peluang untuk networking tidak hanya ada di acara-acara formal dan event industri, loh. Coba lirik anggota tim olahraga Anda atau organisasi tempat Anda bekerja sukarela. Anda tidak pernah tahu kesempatan bisa datang dari mana saja. 

10. Selalu Positif Walau Menghadapi Tantangan
Apapun yang Anda hadapi sepanjang perjalanan karier Anda, tidak ada solusi lebih ampuh daripada selalu berpikir positif. Dengan berpikir positif, Anda akan lebih mudah melihat sebuah permasalahan dari berbagai perspektif dan tidak mengindahkan perkara-perkara sepele yang seharusnya tidak mengganggu fokus Anda. Baik itu panggilan lamaran kerja yang tidak kunjung tiba atau kolega menyebalkan, percayalah bahwa optimisme Anda akan memberi Anda suntikan semangat untuk menjalani hari.

Sebelumnya

Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami



Read This Next



Tweets
Ikuti Kami