Tersesat di Pekerjaan yang Tak Sesuai Jurusan | Qerja

Tersesat di Pekerjaan yang Tak Sesuai Jurusan

Eka Utami, 7 months ago
Tersesat di Pekerjaan yang Tak Sesuai Jurusan

Terkadang, profesi yang dijalani seseorang tidak sesuai dengan bidang ilmu yang dipelajari. Tidak semua sarjana pertanian bekerja di bidang agribisnis atau agronomi. Sementara lulusan farmasi tidak selalu menjadi apoteker. Tapi, seseorang yang menekuni pekerjaan di luar bidang ilmunya tetap merasa bahagia. Mungkin mereka “tersesat di jalan yang benar”. Berikut cerita beberapa orang yang menjalani pekerjaan tidak sesuai jurusan kuliah.

  

Lulusan teknik metalurgi bekerja di perusahaan retail furnitur

Setelah lulus dari jurusan teknik metalurgi dan material, Daru Tutuko sempat kesulitan mencari pekerjaan. Dia sangat idealis. Daru ingin pekerjaan yang benar-benar sesuai jurusan. “Kebutuhan atau lowongan yang spesifik dengan jurusan metalurgi sangat terbatas,” kata dia. Daru pun mencoba mencari pekerjaan lain, yang membutuhkan tenaga kerja dengan background pendidikan teknik secara umum.

Akhirnya Daru berhasil mendapat pekerjaan terkait bidang ilmu yang dikuasai. Dia bekerja di bagian quality control, di sebuah perusahaan logistik. Dia tidak merasa kesulitan menekuni bidang ini karena bisa belajar sambil bekerja dan mendapat banyak dukungan dari rekan kerja. Karier Daru di perusahaan logistik berkembang. Dia pun dipercaya menangani gudang secara keseluruhan. Dengan begitu, peluang kerja untuk Daru semakin luas.

Kini, Daru bekerja sebagai logistic team leader di perusahaan retail furnitur internasional. Dia bertugas memonitor kebutuhan suplai barang dari pelabuhan ke toko. Dia juga bertanggungjawab mengelola warehouse. Berdasarkan perjalanan kariernya, Daru berkesimpulan bahwa ilmu tidak akan hilang, tetapi ikut berkembang.

Sarjana astronomi yang menjadi wartawan

Anton William mendalami ilmu astronomi di kampus. Dia mempelajari benda-benda angkasa melalui pendekatan matematika dan fisika. Setelah lulus kuliah, dia menjadi tenaga pengajar untuk tim olimpiade astronomi internasional. Selain itu, Anton juga pernah melakukan pengamatan yang terkait dengan kegiatan penelitian atau pengujian peralatan astronomi seperti teleskop, kamera, dan filter.

Namun, setelah membaca buku mengenai karier alternatif di dunia sains, Anton menyadari  bahwa ilmu yang dimiliki bisa berguna di sektor usaha lain. Menurut Anton, lulusan astronomi sebenarnya memiliki pengetahuan dan logika yang baik untuk menyelesaikan banyak persoalan. Kemudian Anton mencoba melamar di sebuah media yang memiliki perhatian tinggi terhadap tulisan sains. Dia menggeluti profesi sebagai wartawan.

Kini Anton telah menjadi  managing editor di Kumparan. Platform media ini mewadahi wartawan dan pembuat konten untuk menampilkan karya-karyanya. “Saya bertugas membangun jaringan kolaborasi dengan para audience dan mengkurasi informasi menggunakan data.” Kata dia. Anton merasa puas telah menggeluti profesi yang sekarang. “llmu yang saya dapat dari astronomi tetap bisa diterapkan di bidang media dan jurnalistik. Adapun pengetahuan soal sains yang saya dapat dari program studi astronomi tetap bisa digeluti sebagai hobi,” kata dia.

Insinyur pertanian yang bekerja di sektor perbankan

Tika punya cita-cita menjadi pegawai bank. Sebab dia selalu mengagumi sang ayah yang bekerja sebagai kepala cabang sebuah bank. “Beliau mendapat berbagai fasilitas seperti antar-jemput oleh driver. Menurut saya hal itu keren,” kata dia. Tapi, setelah lulus sekolah menengah atas, Tika malah memilih mendalami bidang teknologi pertanian. Sebab, dia mendapat kesempatan masuk universitas khusus pertanian melalui jalur penelusuran minat dan bakat (PMDK).

Namun, setelah menjadi insinyur pertanian, Tika kembali mengejar mimpinya. Dia mengikuti Officer Development Program di sebuah bank. “Awalnya, kesulitan beradaptasi dengan pekerjaan baru karena saya harus banyak belajar tentang accounting,” ujarnya. Akhirnya, Tika tidak melanjutkan program tersebut dan pindah kerja ke bank lain. Kali ini, dia mengambil peran di bagian marketing. “Passion saya di dunia marketing. Bertemu dengan banyak orang dan menjadi deal maker,” ujarnya.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami