3 Cara Simpel dan Ampuh Untuk Di-Blacklist Perusahaan | Qerja

3 Cara Simpel dan Ampuh Untuk Di-Blacklist Perusahaan

Qerja, 2 years ago
3 Cara Simpel dan Ampuh Untuk Di-Blacklist Perusahaan

Anda pasti sering mendengar kata blacklist di berita-berita atau acara televisi. Mungkin Anda biasa mendengar suatu negara mem-blacklist seseorang agar tidak dapat memasuki negara tersebut. Atau polisi mem-blacklist seorang kriminal yang sedang buron. Perusahaan pun juga bisa mem-blacklist Anda jika Anda melakukan salah satu dari 3 cara di bawah ini.

  

Membangun kepercayaan sama seperti membangun sebuah gedung. Butuh waktu bertahun-tahun untuk membangun sebuah gedung, namun dalam hitungan detik sebuah bangunan dapat runtuh tak bersisa hanya karena 1 kesalahan kecil. Begitu juga dalam dunia kerja. Walaupun Anda sudah membangun reputasi baik bertahun-tahun, entah Anda adalah seorang freshgraduate sedang mencari kerja, karyawan yang ingin berpindah kerja, atau saat ini bekerja, Anda bisa di-blacklist oleh perusahaan hanya karena melakukan salah satu dari 3 cara simpel dan ampuh untuk di-blacklist.

tips di-black list perusahaan ditolak masuk

  1. Tidak Datang ke Undangan Interview

Anda melamar pekerjaan ke banyak perusahaan, berharap setidaknya berjodoh dengan 1 perusahaan dari 100 perusahaan yang Anda lamar. Tidak ada yang salah dengan itu, Anda memang sangat ingin mendapatkan pekerjaan dan aktif mencarinya. Anda melakukan kesalahan jika Anda tidak datang ke undangan interview tanpa pemberitahuan. Bahkan yang lebih parah, Anda sudah mengatakan “ya” namun pada akhirnya tidak datang pada hari-H tanpa kabar apapun.

Sebagai catatan, setiap perusahaan memiliki database seluruh kandidat yang melamar. Setiap proses rekrutmen yang Anda jalani akan dicatat secara detail. Anda bisa dipastikan tidak akan dipanggil kembali jika kemudian hari melamar di perusahaan yang tidak Anda kabari atas ketidakhadiran Anda. Memang tidak semua perusahaan seperti itu, namun apakah Anda ingin mengambil resiko?

  1. Resign Tanpa Pemberitahuan

Mungkin Anda sudah tidak tahan lagi dengan pekerjaan yang sudah tidak realistis, atasan yang selalu mencari keuntungan sendiri, atau budaya yang terlalu individualistis. Satu hari saja berada di kantor seperti menyedot umur Anda 1 tahun. Anda pada akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri secepatnya. Pemikiran 1-month notice yang menjadi kewajiban bagi karyawan yang resign membuat perut Anda sakit, sehingga Anda dengan sengaja tidak masuk kantor tanpa pemberitahuan di hari-hari berikutnya.

Jika 5 hari berturut-turut Anda tidak masuk kantor tanpa pemberitahuan, Anda sudah dianggap mengundurkan diri. Tidak perlu lagi menunggu 1-2 bulan hingga akhirnya keluar, cukup 5 hari saja Anda sudah bisa menghirup hawa kebebasan lagi. Cara tersebut sungguh menarik memang, namun memiliki resiko besar. Anda dapat di-blacklist perusahaan tempat dimana Anda dulu bekerja. Anda dipastikan tidak dapat bekerja di perusahaan tersebut di kemudian hari. Lebih parah lagi, perusahaan bisa menyebarkan nama Anda di seluruh network yang mereka punya. Nama Anda akan tersebar luas, tercatat sebagai karyawan yang “tidak beritikad baik”.

  1. Melakukan Tindakan Ilegal

Hidup bergelimang uang membuat Anda gelap mata. Tuntutan untuk mengikuti trend gaya hidup memaksa Anda untuk ingin mendapatkan uang lebih dan lebih. Pekerjaan Anda yang begitu dekat dengan tindakan meraup uang secara ilegal membuat Anda dengan seketika melakukan tindakan ilegal tersebut.

Tidak ada perusahaan yang mengharapkan karyawannya melakukan tindakan ilegal untuk kepentingan dirinya sendiri. Bahkan, perusahaan juga tidak ingin karyawannya melakukan tindakan ilegal walaupun demi kepentingan perusahaan. Anda minimal sudah pasti di-blacklist oleh perusahaan Anda bekerja dan di seluruh koneksi yang perusahaan punya.

tips di-black list perusahaan ditolak masuk

Sangat disarankan untuk tidak melakukan ketiga hal diatas, kecuali jika tanpa bekerja pun Anda dapat menghasilkan uang untuk mencukupi kehidupan Anda sehari-hari serta keluarga. Walaupun mungkin Anda ingin berwirausaha di kemudian hari, nama Anda akan selalu diingat oleh perusahaan yang mem-blacklist Anda. Mungkin di suatu kesempatan Anda membutuhkan kerjasama dengan perusahaan tersebut, mereka harus berbalik badan dari Anda karena reputasi hitam Anda.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami