Kenaikan Gaji Yang Problematis: Dilema Counter Offer | Qerja

Kenaikan Gaji Yang Problematis: Dilema Counter Offer

Qerja, 2 years ago
Kenaikan Gaji Yang Problematis: Dilema Counter Offer

Let’s negotiate”, begitu mungkin yang disuarakan oleh atasan ketika Anda menyampaikan niat untuk keluar dari perusahaan. Pop quiz! Bila atasan menawarkan counter offer untuk menahan agar Anda tetap bekerja di perusahaan itu, apa yang harus Anda jawab? Di kebanyakan situasi, jawaban yang hampir selalu tepat adalah untuk menolak tawaran tersebut. Tentu saja, ada situasi khusus yang membutuhkan pertimbangan lebih jauh. Biarkan kami menuntun Anda dalam proses decision making di artikel ini.

  

1. Pikirkan Kembali Alasan Anda Ingin Keluar Dari Perusahaan
Tanyakan pada diri Anda: Bila Anda mengesampingkan faktor finansial, apakah Anda masih berniat pindah? Ketika alasan utama Anda untuk keluar berkaitan erat dengan gaji, counter offer mungkin bisa menjadi solusi atau setidaknya, Anda bisa menyampaikan aspirasi Anda kepada atasan.  Tapi bagaimana jika Anda memang mencari perusahaan dengan budaya kerja berbeda atau lingkungan berbeda? Bagaimana jika Anda merasa sudah waktunya Anda berkembang atau Anda ingin mengejar passion dan pekerjaan sesuai minat Anda? Hal-hal tersebut kemungkinan besar tidak bisa dikompensasi oleh counter offer.

2. Mengapa Perusahaan Anda ingin Anda Tetap Bertahan?
Dalam hubungan employer-employee, sekiranya Anda harus tetap ingat bahwa it takes two to tango. Anda bukan satu-satunya pihak yang memikirkan kepentingan pribadi dan berusaha memperbesar benefit yang diperoleh. Pada umumnya, perusahaan memiliki kebijakan untuk sebisa mungkin menghindari immediate vacancy dan akan melakukan ‘tambal tempel’ ketika dibutuhkan. Tawaran balik saat keluar dilema counter offer Bukan tidak mungkin counter offer adalah metode perusahaan Anda untuk menunda pembicaraan sembari mencari pengganti Anda. Bila counter offer hadir di meja negosiasi, Anda perlu cermat menilik apakah tawaran itu dapat membereskan masalah dalam jangka panjang atau tidak lebih dari short-term salve yang cenderung menguntungkan perusahaan Anda.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami