Enam Ketakutan yang Sering Dialami Karyawan | Qerja

Enam Ketakutan yang Sering Dialami Karyawan

Qerja, 2 years ago
Enam Ketakutan yang Sering Dialami Karyawan

Pernahkah Anda dihantui ketakutan saat sedang bekerja? Ini bukan jenis ketakutan biasa, tetapi ketakutan yang akan membuat pekerjaan yang ditugaskan bos berantakan dan karir menjadi stagnan.

Merasa takut adalah hal yang wajar. Namun yang paling penting adalah mengendalikan ketakutan tersebut, sehingga tidak lantas menganggu psikologi dan berakibat buruk pada aktivitas seseorang.

Berikut enam ketakutan yang sering dialami karyawan dan membuat karirnya mandeg:

 

1. Takut Tidak Bisa Menyelesaikan Pekerjaan Dengan Baik

Come on! Bagaimana Anda tahu kalau Anda tidak bisa mengerjakan tugas dari bos kalau memulai saja belum?

Makin Anda ketakutan, maka makin buruk hasilnya. Daripada Anda terus menerus resah dan khawatir, baiknya Anda langsung bekerja dan membuktikan kalau ketakutan Anda itu tidak beralasan.

 

2. Takut Bersaing dengan Karyawan Lain

Apa yang Anda takutkan? Takut kalah? Atau takut gagal? Bagaimana Anda bisa tahu akan kalah atau gagal bila Anda tidak pernah mencobanya.

Berani bersaing dan mampu bekerja lebih baik, akan membuat Anda berprestasi di dunia kerja. Jangan sampai hanya karena Anda karyawan junior atau karyawan yang masih muda, Anda merasa gentar. Hidup adalah bagian dari survival, jadi kalau Anda tidak mampu bersaing, mungkin Anda akan terus jadi pihak yang kalah.


3. Takut Menjalin Networking

Networking sangat penting dalam dunia kerja. Seorang karyawan yang memiliki jaringan luas, akan lebih mudah meniti karirnya dibanding karyawan yang ibarat katak dalam tempurung, alias gaulnya cuma dengan yang itu-itu saja.

Masalahnya banyak karyawan yang tidak pe-de untuk melakukan networking. Mereka takut dengan persepsi orang atau terlalu gengsi.

Padahal membuat jaringan juga akan membantu Anda saat menghadapi kendala dalam pekerjaan atau pun karir. Saat ini banyak kok cara mempunyai jaringan yang luas, Anda tinggal menggunakan sosial media, selain aktif hadir di acara formal yang berhubungan dengan bisnis Anda.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next