Ask the Expert: Mencari Pekerjaan Dengan Gaji Ideal | Qerja

Ask the Expert: Mencari Pekerjaan Dengan Gaji Ideal

Steffi Teowira, 5 months ago
Ask the Expert: Mencari Pekerjaan Dengan Gaji Ideal

“Saat ini saya bekerja di Kantor Akuntan Publik selama hampir 2 tahun. Saya menyukai pekerjaan ini, namun kurang nyaman karena gaji di bawah standar dan manajemennya buruk. Tapi saya mencoba bertahan karena saya menyukai bidang pekerjaannya dan ingin belajar lebih banyak.

  

Sebenarnya saya sudah beberapa kali mencoba melamar di KAP lain di luar kota, namun masih belum berhasil. Sampai akhirnya saya berencana untuk menentukan tanggal resign kemudian pindah ke luar kota dan mencari pekerjaan baru. Apakah rencana saya sudah tepat? Bagaimana saya harus menyampaikan alasan resign lebih dulu pada calon perusahaan nanti?” – Tiwi


 

Hai Tiwi,

Sebelum mengambil langkah drastis, coba buat daftar pro dan kontra untuk menimbang untung ruginya jika kamu tetap bertahan di perusahaan ini. Pikirkan baik-baik apa prioritasmu dan apakah tempat kerja ini masih bisa mengakomodasi kebutuhanmu.

Jika kompensasi memadai adalah aspek yang penting bagimu, kamu bisa mengkomunikasikan keluhan ini terlebih dulu ke pihak HR atau atasan. Bila selama ini kamu berprestasi dan kualitas kerjamu cemerlang, mungkin saja pihak manajemen tidak keberatan memberimu kenaikan gaji sesuai yang diharapkan.

Seandainya cara di atas tidak berhasil, boleh saja kamu resign sesuai rencana. Kamu juga tidak perlu melepas passion di bidang ini. Selain ke KAP, kamu masih bisa melamar ke korporat setempat tanpa harus pindah ke luar kota. Kualifikasi dan pengalamanmu di KAP umumnya banyak dicari, jadi jangan khawatir kekurangan lapangan pekerjaan.

Bila kamu masih terpikir untuk mengadu nasib di lokasi lain, pertimbangkan kalau kepindahan ke luar kota tanpa pekerjaan baru sebetulnya cukup riskan, apalagi jika kamu tidak tahu pasti kapan bisa mendapat pekerjaan. Walau begitu, jika sudah memantapkan hati, kamu boleh-boleh saja pindah asal kamu sudah mempersiapkan tabungan memadai untuk setidaknya beberapa bulan ke depan.

Soal alasan resign, jawab saja dengan jujur kamu memang mencari pekerjaan dengan peluang lebih baik dan remunerasi lebih menarik. Lagipula, alasan ini cukup lazim digunakan saat wawancara.

ask the expert



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami