Ask the Expert: Mengejar Mimpi Berwiraswasta | Qerja

Ask the Expert: Mengejar Mimpi Berwiraswasta

Steffi Teowira, 3 months ago
Ask the Expert: Mengejar Mimpi Berwiraswasta

“Saya adalah mahasiswa semester 3. Setiap hari terlintas di benak saya untuk menjadi entrepreneur. Saya sering mencari inspirasi dari ikut seminar atau jalan keluar rumah keliling-keliling, tapi sampai sekarang saya belum memulai usaha apapun, sehingga terkesan saya hanya berteori saja.

  

Saya pernah ingin berhenti kuliah karena tidak menyukainya, tetapi karena orang tua, saya berusaha untuk melanjutkan. Terkadang saya berpikir apa saya harus bekerja dulu? Omong-omong, saya berkepribadian introvert.” – Dita


 

Hai Dita,

Apapun jurusannya, kuliah mengasah kemampuanmu untuk berpikir kritis dan menganalisa masalah. Kedua kemampuan ini akan kamu butuhkan di masa depan, tak peduli kamu akan terus berwirausaha atau bekerja. Jadi fokuslah untuk mengembangkan kemampuan tersebut sepanjang sisa masa kuliahmu.

Jika kamu benar-benar ingin menjadi entrepreneur, memang benar kamu harus fokus dan berani melangkah. Walau begitu, untuk memperkaya pengalaman dan perspektifmu, ada baiknya kamu mempertimbangkan untuk bekerja. Bisa jadi kamu malah menikmati kehidupan kerja. Selain itu, kamu juga bisa belajar keahlian baru dan menambah koneksi. Tidak ada salahnya mencoba, bukan?

Sembari berkarier atau bekerja, kamu pun bisa mulai berbisnis kecil-kecilan. Kini toh ada banyak peluang memulai usaha sampingan melalui media sosial dan e-commerce jika kamu merasa tak nyaman banyak berbincang karena kepribadianmu.

ask the expert



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami