Ernest Prakasa: Komedian, Aktor, Sutradara | Qerja

Ernest Prakasa: Komedian, Aktor, Sutradara

Eka Utami, 3 months ago
Ernest Prakasa: Komedian, Aktor, Sutradara

Komedian Ernest Prakasa melakukan berbagai profesi di dunia hiburan. Dia menulis dan tampil di panggung sebagai komika. Dia berlakon di layar kaca sebagai aktor. Dia berteriak “action” dan “cut” di belakang kamera sebagai sutradara. Kini, Ernest juga bergabung alam perusahaan Hahaha Corp. sebagai Creative Director untuk menyeleksi talenta muda sebelum masuk ke dunia hiburan.

  

Menurut Ernest, film komedi Hollywood sampai kapan pun tidak akan bisa mengalahkan komedi dalam negeri. Bagaimana perkembangan dunia hiburan dari sudut pandang Ernest? Berikut penuturan Ernest kepada Qerja.

Bagaimana Anda melihat perkembangan dunia stand up comedy di Indonesia? Bagaimana kontribusi Anda untuk dunia stand up comedy?

Industrinya baru berjalan 5,5 tahun, jadi masih muda sekali. Saya berusaha berkontribusi dengan terus memotivasi teman-teman komunitas di daerah, salah satunya adalah dengan rutin menggelar tur ke berbagai kota di Indonesia.

Menurut Anda, apa yang mendorong perkembangan positif dunia stand up comedy di Indonesia?

Semua tentu berpengaruh. Upaya keras para penggiat stand up comedy, perkembangan komunitas-komunitas  di daerah, dukungan dunia pertelevisian dan karena penonton yang semakin “haus” komedi berkualitas.

TV membawa stand-up ke pasar yang lebih luas. Komunitas yang menjadi akar rumput dari pergerakan. Fakta bahwa penonton merespon positif secara bertahun-tahun membuktikan bahwa stand-up bukan trend, tapi genre baru yang sudah lahir dan diterima dengan luas di masyarakat.

Setelah menjadi komika, Anda merambah ke dunia film. Bagaimana Anda melihat perkembangan film komedi di Indonesia? Bagaimana kualitas film komedi Indonesia saat ini?

Variatif. Ada yang slapstick, ada yang verbal, ada yang lucu, ada yang enggak.

Secara umum, bagaimana Anda melihat permintaan pasar akan film-film Indonesia?

Menurut saya komedi adalah salah satu hal di mana karya anak bangsa tidak akan kalah dari Hollywood. Komedi itu sifatnya lokal. Jadi Hollywood boleh jago soal film action, tapi film komedi bule sampai kapan pun tidak akan bisa mengalahkan komedi dalam negeri.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami