Ask Expert Menulis Cover Letter Yang Menarik | Qerja

Ask the Expert: Menulis Cover Letter Yang Menarik

Qerja, 4 years ago
Ask the Expert: Menulis Cover Letter Yang Menarik

“Saat ini saya mengalami kesulitan untuk menyusun cover letter sedangkan untuk resume-nya sudah saya buat. Apa yang harus saya tuliskan di cover letter agar menarik perhatian recruiter atau HR perusahaan? Terima kasih” – Doni

——

Hai Doni,

Pertama-tama, personalize it. Bila kamu melamar ke beberapa perusahaan, maka buat cover letter berbeda untuk perusahaan yang berbeda pula. Perhatikan detil-detil seperti posisi penerima surat lamaranmu beserta. Jangan hanya mengirimkan satu cover letter yang fit for all. Yang ada kamu malah tampak tidak antusias dengan prospek bekerja di perusahaan tersebut atau terlihat malas.

Jika resume berisi data dan fakta mengenai riwayat karier, maka sebuah cover letter yang baik seharusnya bersifat personal dan menunjukkan kepribadianmu. Ceritakan mengapa kamu ingin bekerja di sana, misalnya kamu merasa cocok dengan budaya perusahaan atau kamu adalah pelanggan setia produk mereka. Jika kamu menulis sesuatu yang generik, yang biasa-biasa saja, kamu tidak akan ‘menyentuh’ para recruiter.

Tempatkan dirimu di posisi recruiter: Jika kamu sedang mencari seseorang untuk mengisi posisi tertentu, kandidat seperti apa yang akan menarik perhatianmu, jenis keahlian dan kepribadian seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, dan lainnya. Kamu perlu menunjukkan bahwa kamu memiliki sesuatu yang spesial, baik itu skill, pencapaian, atau pengalaman kerja, yang dapat membantu perusahaan mencapai targetnya.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next