5 Bahan Dasar Membangun Startup Yang Sukses | Qerja

5 Bahan Dasar Membangun Startup Yang Sukses

Qerja, 5 years ago
5 Bahan Dasar Membangun Startup Yang Sukses

Memesan makanan, memanggil taksi, membeli tiket pesawat, mencari informasi keuangan adalah segelintir jasa yang ditawarkan berbagai startup yang sedang berkembang di Indonesia. Kini sepertinya tidak ada yang tidak bisa Anda lakukan dengan satu klik dan tidak heran kalau fenomena ini menarik perhatian individu-individu inovatif yang mulai melihat peluang bisnis di berbagai sektor.

Apakah Anda salah satunya? Biarkan kami membantu Anda dengan beberapa bahan simpel namun penting yang terbukti dimiliki oleh beberapa pemain besar di dunia startup.

1. Ide 
Semua bisnis dan usaha dimulai dari sebuah ide dan bukan hanya sembarang ide, tapi ide yang mampu mengisi “kekosongan” di pasar. Fokus pada ide inisial Anda dan kembangkan market plan yang unik. Tidak hanya ide yang menarik, metode pemasaran yang one of a kind juga memegang andil dalam kesuksesan sebuah startup digital.

2. Perencanaan Yang Solid
Oke, kini Anda punya sebuah ide dengan potensi luar biasa. Semua orang bisa punya ide yang cemerlang, tapi pada dasarnya, startup digital adalah salah satu bentuk bisnis. Selayaknya bisnis konvensional, eksekusi adalah kunci. Bagaimana Anda akan menjalin hubungan baik dengan klien dan menangkap minat masyarakat untuk menjadi pelanggan tetap? Selain perkara membangun usaha, pikirkan juga tentang bagaimana Anda akan mempertahankannya. Legalitas bisnis merupakan aspek yang perlu Anda tangani sejak awal agar tidak membuat startup Anda “tersandung” masalah di masa depan.

3. Modal
Tentu saja modal memadai adalah faktor penting, namun jangan terlalu khawatir tentang aspek keuangan. Anda bisa memulai dengan kecil-kecilan, misalnya dengan bekerja sama dengan perusahaan besar sebagai reseller. Modal untuk startup digital umumnya berasal dari investasi dan funding. Jika Anda punya ide brilian dan eksekusi yang bijak, Anda boleh menetapkan rencana dan goal untuk direpresentasi oleh venture capital atau investor independen.

4. Tim Yang Tepat
Mempekerjakan staf yang tepat bukan sekedar perkara mencari individu paling berbakat atau yang paling berpengalaman. Startup digital malah merupakan salah satu sektor usaha yang banyak menarik fresh graduate. Yang Anda butuhkan adalah orang-orang kreatif dengan set ilmu beragam dan spesifik yang bisa berbagi visi Anda. Hal yang sama juga bisa diaplikasikan pada rekan bisnis. Partner yang tepat adalah mereka yang melengkapi kekurangan Anda, bersedia berkomunikasi, dan saling respek untuk kepentingan bisnis.

5. Passion dan Kegigihan
Mungkin poin satu ini terkesan klise, namun ada alasan mengapa banyak pengusaha yang menyatakan bahwa passion dan keteguhan adalah kunci keberhasilan mereka. Passion memberi Anda kepercayaan bahwa Anda punya visi yang tepat dan digabung dengan kegigihan akan memungkinkan Anda melalui tantangan sehari-hari dan jatuh bangun yang akan Anda hadapi dalam perjalanan. Siapkah Anda bekerja dan berstrategi siang malam selama bertahun-tahun? Jika Anda punya dorongan kuat dari dalam diri Anda sendiri, tentu tidak ada yang tidak bisa Anda capai.—Qerja.com



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next