Bila Atasan Pilih Kasih di Tempat Kerja | Qerja

Bila Atasan Pilih Kasih di Tempat Kerja

Qerja, 3 years ago
Bila Atasan Pilih Kasih di Tempat Kerja

Beginikah perasaan Bawang Putih di cerita rakyat Bawang Merah Bawang Putih, Anda mungkin bertanya-tanya dalam hati ketika melihat atasan lagi-lagi memuji, memberi tugas menarik, atau mempromosikan kolega yang satu itu. Lebih parahnya lagi, Anda selalu dilewatkan seakan-akan Anda tak kasat mata.

Kecenderungan atasan untuk memprioritaskan seorang bawahan ini berbahaya untuk kesehatan karier karena akan menciptakan pola pikir bahwa serajin dan sekeras apa pun Anda bekerja, hasilnya akan sia-sia, sehingga Anda beresiko kehilangan motivasi untuk melakukan dan memberikan yang terbaik di tempat kerja.

Bagaimana menanggulanginya? Simak panduan kami untuk mengatasi permasalahan ini dengan bijak.

1. Anda yakin?
Pertama-tama, pikirkan kembali, apakah atasan Anda memang cenderung menganakemaskan kolega yang satu itu atau Anda hanya cemburu? Bila kolega Anda memang memiliki performa kerja yang lebih baik dari Anda, mungkin ini saatnya Anda meningkatkan kinerja kerja Anda sehingga setara dengan, bahkan lebih dari, kolega Anda tersebut.

Mulailah dengan selalu memberi hasil berkualitas untuk job description Anda dan bila memungkinkan, lihat area lain yang bisa Anda berikan kontribusi ekstra.

2. Kumpulkan informasi  
Diskusikan dengan kolega Anda yang lain dan cari tahu alasan di balik adanya kecenderungan preferensi atasan? Apakah sebelumnya beliau dengan pegawai itu pernah bekerja bersama di perusahaan lain? Apakah ada unsur nepotisme? Apakah murni perkara kepercayaan? Informasi ini akan membantu Anda menentukan bila sang atasan memang benar pilih kasih.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next