Jangan Pernah Ragu untuk Negosiasi Gaji | Qerja

Jangan Pernah Ragu untuk Negosiasi Gaji

Qerja, 2 years ago
Jangan Pernah Ragu untuk Negosiasi Gaji

Setelah berbulan-bulan mencari pekerjaan, akhirnya pencarian itu terbayar. Sekarang Anda mendapatkan pekerjaan setelah melalui tahap seleksi, dan wawancara.

  

Namun kegembiraan tersebut hanya sesaat. Menguap saat mengetahui nominal gaji yang ditawarkan sangat kecil, jauh dari yang diharapkan. Anda pun ingin bernegosiasi, ingin mendapatkan lebih. Tentu saja Anda harus bernegosisasi jika ingin mendapatkan lebih.

Tetapi…

Timbul pertanyaan dan keraguan dari dalam benak.”Saya harus meminta lebih banyak, tapi berapa banyak?” “Bagaimana jika mereka membatalkan tawaran itu?” “Mungkin ada banyak orang di luar sana yang menginginkan pekerjaan ini, dan bersedia dibayar kurang.” Atau “ Bagaimana jika mereka berpikir saya orang yang sulit dan terlalu banyak menuntut?”

Pikiran-pikiran ini akan mencegah Anda berani bernegosiasi. Ya, memang kita tinggal di negara dengan jumlah manusia usia produktifnya surplus, dan membuat nilai tawar pekerja menjadi rendah.

Hal itu membuat pencari kerja jadi rendah diri untuk berani memperjuangkan haknya. Paling sering sih, mendapat stigma “kurang bersyukur”.

Mengapa pekerja jarang bernegosiasi?
Ada banyak alasan pekerja tidak bernegosiasi. Beberapa mencakup ketakutan dan kurangnya panduan tentang cara untuk menegosiasikan gaji. Padahal jika Anda tidak bernegosiasi gaji pada awal masuk kerja, akan berpengaruh kepada keuntungan jangka panjang.

Pekerja yang bernegosiasi mendapatka lebih banyak uang untuk membayar tagihan, dan memiliki pendapatan lebih untuk meningkatkan kesejahteraannya.

Jika Anda awalnya ditawarkan pekerjaan baru, mereka akan memberi tahu jumlah gaji. Bahkan jika penawaran Anda lebih tinggi dari yang diharapkan, selalu ada ruang untuk negosiasi.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami