Infografis: Kesenjangan Gaji Pekerja Pria dan Wanita di Indonesia | Qerja

Infografis: Kesenjangan Gaji Pekerja Pria dan Wanita di Indonesia

Qerja, 2 years ago
Infografis: Kesenjangan Gaji Pekerja Pria dan Wanita di Indonesia

Seabad lalu RA Kartini berharap emansipasi dan kesetaraan bagi perempuan Indonesia. Kini sebagian harapan Kartini terkabul dengan terbukanya kesempatan bagi para perempuan untuk menjadi apa saja yang mereka inginkan. 

  

Namun, masih ada jurang perbedaan antara laki-laki dan perempuan di tempat kerja. Hal yang nampak kali ini adalah adanya kesenjangan gaji antara pegawai pria dan wanita.  Bukan rahasia lagi bahwa beberapa industri memang dikotakkan sebagai “pekerjaan kaum pria” dan “pekerjaan kaum wanita”. Menurut data BPS tahun 2013, jumlah tenaga kerja Indonesia mencapai 112 juta orang, dengan 43 juta adalah perempuan.

Qerja menghitung ketimpangan gaji antara perempuan dan laki-laki di Indonesia adalah 12,36 persen. Artinya, pekerja perempuan digaji hanya 87,64 persen dari rekan kerja laki-laki.

Menggunakan 300.000 sampel data gaji staff dari tahun 2014-2016 di berbagai industri di Indonesia, kami menghitung perbedaan rata-rata kedua gender dari masing-masing industri menggunakan tingkat kepercayaan di atas 90 persen.

Penghitungan ini menghasilkan beberapa temuan yang cukup menarik. Misalnya, di industri Utilities dan Energy, jurang perbedaan gaji ini menganga lebar hingga mencapai lebih dari 50%. Di industri fashion malah muncul temuan sebaliknya: pegawai wanita umumnya memperoleh gaji lebih besar dari pegawai pria.

Tak hanya di Indonesia, bahkan di Amerika Serikat hal itu juga terjadi. Menurut data 2014, perempuan pekerja di Negeri Paman Sam digaji hanya 79 persen dari gaji rekan kerjanya yang laki-laki.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai perbedaan gaji wanita dan pria di Indonesia, simak infografik di bawah ini.

Apakah ketimpangan gaji juga terjadi di tempat kerja Anda? Ceritakan di kolom komentar di bawah ini.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami