Jika Pahlawan Wanita Hidup di Zaman Sekarang: Edisi Karier

Oleh Steffi Teowira, 6 years ago

3. Cut Nyak Dien


Salah satu pahlawan wanita yang aktif mengangkat senjata melawan penjajah ini sering dianggap ikon wanita Indonesia yang kuat dan independen. Bahkan di usia senja dan di tengah kondisi fisik kurang baik sekalipun, beliau tetap menjadi pengobar semangat bagi rakyat yang tengah berjuang dalam peperangan.

Membela negara di zaman sekarang tidak mesti dengan mengangkat senjata. Pantang menyerah dan gigih, Cut Nyak Dien modern punya semangat yang sama dengan pemimpin perusahaan wanita tangguh lainnya, misalnya Ibu Susi Pudjiastuti yang beberapa waktu lalu pernah disamakan dengan sosok Cut Nyak Dien. Kecintaan Cut Nyak Dien pada bumi Indonesia bisa ditunjukkan dengan merintis usaha kecil-kecilan yang menonjolkan kekayaan bahan lokal dari Aceh, tanah kelahirannya. Setelah itu? Posisi dan reputasi sebagai CEO legendaris yang terus berkarya hingga usia lanjut sepertinya tidak mustahil.

Cut Nyak Dien tidak sendiri sebagai pimpinan perusahaan yang inspiratif. Lihat siapa lagi di sini.

4. Hajjah Rangkayo Rasuna Said


Banyak yang tidak tahu bahwa nama Jalan HR Rasuna Said di Jakarta diambil dari nama pahlawan perempuan ini. Rasuna Said percaya bahwa kemajuan kaum wanita tidak hanya bisa didapat dengan mendirikan sekolah, tapi harus disertai perjuangan politik. Sempat menjadi jurnalis yang terkenal dengan kritik pedasnya pada Belanda, Rasuna Said kemudian duduk dalam Dewan Perwakilan Sumatera mewakili daerah Sumatera Barat setelah Proklamasi Kemerdekaan, lalu diangkat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Serikat. Hingga akhir hayat, Rasuna Said mengemban posisi sebagai anggota Dewan Pertimbangan Agung.

Tidak sulit membayangkan kalau Rasuna Said akan tetap berkarir sebagai anggota DPR. Passion beliau mengenai kemajuan dan pendidikan kaum wanita tidak pernah lepas dari benak, karenanya, Rasuna Said akan menjadi anggota DPR yang aktif melobi Undang-Undang terkait perlindungan hak pekerja buruh, terutama pekerja wanita. 

Kira-kira gaji Rasuna Said berapa, ya? Cek di sini.

Jika pahlawan wanita ini semua masih hidup, menurut Anda, kira-kira mereka akan punya karir seperti apa? Beritahu kami di kolom komentar.

Sebelumnya

Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami



Read This Next



Tweets
Ikuti Kami