Lima Tips Sukses Memimpin Tim Proyek | Qerja

Lima Tips Sukses Memimpin Tim Proyek

Steffi Teowira, 8 months ago
Lima Tips Sukses Memimpin Tim Proyek

Baru pertama kali dipercayakan memimpin sebuah proyek atau tim yang Anda bawahi lagi-lagi mendapat proyek? Selamat! Tugas Anda tidak mudah tapi tidak sesulit yang Anda bayangkan. Dasarnya, asal komunikasi berjalan lancar, niscaya proyek akan berjalan lancar dan Anda pun semakin kompak dengan anggota tim.

  

Baik Anda seorang Project Manager muda atau sedang mencari tips untuk mempermudah tugas Anda memimpin tim mengerjakan proyek besar, coba cek tips-tips yang kami hadirkan ini.

1. Perjelas tujuan

Sebelum mulai bekerja, bicarakan dengan jelas tujuan proyek, parameter kesuksesan, dan prioritas yang harus diutamakan sepanjang progres agar anggota tim paham betul apa yang harus mereka lakukan dan apa yang harus dicapai. Informasi-informasi ini akan menjadi panduan bagi anggota tim agar fokus dalam mencapai tujuan dan memenuhi ekspektasi.

Jangan lupa untuk segera mengabarkan seluruh anggota tim jika ada perubahan terhadap tujuan atau metode kerja agar tidak ada yang ketinggalan.

2. Mendelegasi sesuai keahlian

Setiap anggota tim punya keunggulan dan metode memecahkan masalah yang berbeda. Sebagai pemimpin tim, tugas Anda adalah memutuskan anggota mana yang paling sesuai untuk mengerjakan porsi tugas tertentu. Dengan memaksimalkan potensi bawahan, Anda tak hanya akan mempercepat proses dan memberikan hasil berkualitas, tapi juga memupuk kepercayaan diri anggota tim.

Karenanya, Anda harus memastikan semua anggota tim mendapatkan peran yang sesuai dengan skill dan kapasitas mereka. Bagaimana caranya? Selain mengulas hasil kerja dan cara kerja mereka selama ini, sering-seringlah menjalin komunikasi. Cari tahu minat dan bidang yang mereka gemari dan telusuri, dan coba cocokkan dengan bidang tugas proyek.

3. Paham pentingnya motivasi

Setiap orang termotivasi oleh hal-hal berbeda. Di sini, komunikasi mulus juga dibutuhkan untuk mencari tahu apa yang membuat anggota tim Anda semangat bekerja. Tunjukkan bagaimana kesuksesan proyek ini akan mendorong kemajuan karier mereka dan berpotensi mendatangkan apa yang mereka inginkan.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami