Lima Tipe Interviewer Yang Ditemui Saat Wawancara | Qerja

Lima Tipe Interviewer Yang Ditemui Saat Wawancara

Steffi Teowira, 6 months ago
Lima Tipe Interviewer Yang Ditemui Saat Wawancara

Setiap manajer HR mengadopsi gaya wawancara tertentu, baik itu sesuai kepribadian dan pengalaman sendiri, atau disesuaikan untuk jenis pekerjaan yang dilamar kandidat dan kebutuhan. Tentu saja tidak semua pewawancara akan persis sama dengan tipe yang dijabarkan; beberapa mungkin adalah kombinasi dari tipe-tipe umum.

  

Selain mempersiapkan jawaban dan mengumpulkan informasi tentang perusahaan, pelajari tipe-tipe interviewer yang mungkin akan Anda temui agar siap menghadapi mereka di ruang wawancara.

1. Tipe interogator

Pewawancara tipe ini cenderung seperti sedang menginterogasi dengan gaya bertanya tegas dan singkat. Nada bicara dan gerak-geriknya juga terasa mengintimidasi. Dengan pewawancara tipe ini, Anda biasanya hanya terus diberi pertanyaan tanpa ada reaksi berarti atau feedback darinya. Pelit senyum, wajah kaku, sulit rasanya menerka hasil wawancara!

Ramah itu harus, tapi jika pewawancara Anda terkesan serius, baiknya jangan terlalu santai atau terlalu ceria. Tenang saja dan fokus menjawab pertanyaan dengan profesional. Tidak perlu buru-buru menjawab; ambil waktu Anda untuk menjawab dengan tenang. Mungkin saja pewawancara sengaja tampak garang untuk mengetes kemampuan Anda tetap kalem di bawah tekanan, jadi jangan gugup atau ciut duluan.

2. Tipe bro-sis

Berbeda 180 derajat dari tipe interogator, pewawancara ini ramah luar biasa, layaknya teman yang bisa menyapa “hai, bro”. Begitu masuk ke ruangan, senyumnya langsung mengembang dan sesi wawancara kadang kala disisipi obrolan ringan atau bahkan hanya terkesan seperti bincang-bincang biasa.

Anda mungkin merasa lega jika menjumpai pewawancara jenis ini, tapi jangan tergoda untuk memperlakukannya seperti sesi curhat dengan sahabat. Ingat, ini masih merupakan sesi wawancara serius. Jaga profesionalisme Anda dan jawab pertanyaan yang dilontarkan dengan baik. Jika diajak ngobrol, silahkan tanggapi, tapi tetap jaga jarak agar tidak melakukan sesuatu yang bisa dianggap kurang profesional.

3. Tipe penguji



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami