Cara Efektif Mengatasi Keruwetan Kuliah Sambil Kerja | Qerja

Cara Efektif Mengatasi Keruwetan Kuliah Sambil Kerja

Qerja, 2 years ago
Cara Efektif Mengatasi Keruwetan Kuliah Sambil Kerja

Demi mengejar cita-cita tak sedikit orang yang melakoni kuliah sambil bekerja. Menjalani dua aktivitas sekaligus seperti itu diperlukan strategi dan manajemen waktu agar kedua aktivitas bisa berjalan lancar. Di samping itu, butuh kerja keras dan disiplin tinggi dibandingkan orang-orang lain yang kuliah atau bekerja saja. Betapa tidak, di antara rutinitas kerja sehari-hari, Anda harus berkutat dengan buku-buku dan tugas-tugas kuliah belum lagi jika tiba waktunya menghadapi ujian tengah semester (UTS) atau ujian akhir semester (UAS).

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan jika ingin sukses kuliah sambil bekerja. Pelajari caranya agar kedua kegiatan berjalan beriringan.   

Sesuaikan kebutuhan dengan jadwal 

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan mengatur waktu antara kuliah dan bekerja. Sebab, jam kerja karyawan dan waktu kuliah berbeda. Saat ini ada pilihan kelas karyawan, Anda bisa memilih waktu kuliah sore atau Sabtu-Minggu. Jadi, Anda bisa pergi ke kampus setelah jam kerja usai atau saat liburan akhir pekan. 

Tapi, bagaimana dengan jam kerja reguler seperti di perguruan tinggi negeri? Kalau begini kondisinya maka jam kerja Anda yang harus menyesuaikan dengan jadwal kuliah agar keduanya bisa berjalan beriringan.

Beritahu atasan dan pihak manajemen

Jika memutuskan kuliah sambil bekerja Anda harus berterus terang kepada atasan. Sebab, Anda akan mempunyai alasan yang baik ketika ada UTS atau UAS. Anda tidak perlu bolos kerja sehingga pekerjaan terbengkalai, yang bisa berakibat dimarahi bos. Sampaikan kondisi Anda, yang sedang kuliah sambil bekerja. Bahkan, kalau perlu berikan jadwal kuliah kepada atasan agar pekerjaan bisa menyesuaikan dengan jadwal kuliah. Jika bos Anda pengertian, Anda bisa mendapatkan dispensasi. Tapi, tetap tunjukan kinerja yang baik.  

Jauhi sifat malas dan keinginan menunda pekerjaan

Tantangan dari bekerja sambil kuliah adalah melawan rasa malas. Di antara rutinitas kerja Anda masih harus dibebani tugas-tugas kuliah dan persiapan menghadapi ujian. Anda memang harus punya energi ekstra dibandingkan orang lain yang kuliah atau bekerja saja. Jika rasa malas menyergap, ingatkan kembali pada tujuan dan cita-cita Anda. Sejak awal memutuskan kuliah sambil bekerja siapkan mental Anda. 



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami