Ask the Expert: Tempat Kerja Ideal, Tapi Rasanya Jenuh | Qerja

Ask the Expert: Tempat Kerja Ideal, Tapi Rasanya Jenuh

Steffi Teowira, 7 months ago
Ask the Expert: Tempat Kerja Ideal, Tapi Rasanya Jenuh

“Saya berstatus karyawan tetap di perusahaan kecil yang masih baru sebagai quality officer. Fasilitas seadanya dan gaji tidak terlalu besar tetapi terhitung lumayan karena kantor dekat rumah. Jam kerja normal, jarang lembur, dan santai. Perusahaan juga baik pada karyawan, tapi akhir-akhir ini saya merasa kurang nyaman karena pekerjaan ini terlalu santai dan kurang menantang, dan karena fasilitas terbatas, rasanya saya tidak bisa berkembang lagi. Imbasnya, saya merasa jenuh. 

  

Suatu hari saya mendapat tawaran pindah ke perusahaan lebih besar dengan gaji lebih tinggi, fasilitas lebih baik, dan lebih prestise. Namun lokasi kerja lebih jauh dari rumah sehingga pada akhirnya gaji yang saya dapatkan hampir sama dengan gaji tempat saya bekerja saat ini, padahal effort berangkat dan pulang kerja lebih besar. Negosiasi gaji juga tidak disetujui dan status saya sebagai karyawan kontrak. Pada akhirnya saya melepaskan kesempatan tersebut. Apakah keputusan tersebut yang saya ambil salah?” – Dita


 

Hai Dita,

Sebetulnya, di penghujung hari, semuanya adalah pilihanmu sendiri. Karena kamu sudah menolak tawaran baru, coba fokus pada sisi positif di perusahaan saat ini. Kamu sendiri merasa kalau tempat kerjamu ini cukup oke, terutama karena lokasinya dekat rumah dan cukup baik pada karyawannya. Perusahaan yang seperti ini termasuk idaman, loh.

Soal kamu merasa jenuh, jadilah proaktif dan berpikir lebih jauh dari sekedar batasan job description. Jangan merasa karena tidak ada fasilitas, kamu tidak bisa lagi berkembang atau pasif menunggu diberi proyek menarik.

Beri dirimu sendiri tantangan jika tugasmu sekarang terasa terlalu mudah, misalnya dengan menawarkan bantuan pada kolega lain ketika ada tugas atau meminta tugas menantang pada atasan. Hitung-hitung belajar keahlian baru. Lakukan secara konsisten dan cek lagi enam bulan ke depan. Kalau masih juga merasa kurang puas dengan perkembangan karier, kamu bisa coba mencari peluang baru di perusahaan lain.

ask the expert



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami