Ask the Expert: Mengelola Usaha Sendiri Termasuk Pengalaman Kerja? | Qerja

Ask the Expert: Mengelola Bisnis Sendiri Termasuk Pengalaman Kerja?

Steffi Teowira, 7 months ago
Ask the Expert: Mengelola Bisnis Sendiri Termasuk Pengalaman Kerja?

“Saya baru lulus tahun 2015 Oktober. Selama saya kuliah, saya juga menjalankan usaha di bidang jasa yaitu restorasi lantai marmer dan sudah menjalankan usaha ini dari tahun 2010. Apakah dengan usaha yang saya jalankan sewaktu kuliah saya sudah dikatakan memiliki pengalaman kerja? Terima kasih.” – Indri

  

 

Hai Indri,

Pengalaman kerja bisa datang dari mana saja, tidak hanya terbatas dari bekerja di perusahaan atau magang. Tentu saja membuka usaha sendiri juga bisa dianggap pengalaman kerja, tapi untuk memaksimalkannya, kamu perlu cermat mengaitkan hubungan bisnismu dengan pekerjaan yang ingin kamu lamar. Misalnya, selama mengurus usahamu ini, keahlian apa saja yang kamu pelajari? Bagaimana kamu bisa mengaplikasikan keahlian tersebut di pekerjaan masa depan?

Tapi lebih dari sekedar perkara relevansi, mengelola usaha membutuhkan disiplin, manajemen waktu, dan manajemen SDM yang baik, belum lagi soft skill lain yang pasti akan berguna di posisi kerja apapun. Pastikan kamu bisa meyakinkan perusahaan tujuan bahwa pengalamanmu mengelola bisnis adalah poin plus.

ask the expert



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami