Cara Membatalkan Meeting | Page 2 | Qerja

Cara Membatalkan Meeting

Eka Utami, 4 years ago
Cara Membatalkan Meeting

Pembatalan meeting pada hari H

 Sesuatu bisa saja terjadi pada hari di mana Anda berjanji untuk bertemu seseorang. Misalnya, sehari sebelum meeting Anda ditugaskan ke luar kota. Lalu ketika Anda akan kembali dari perjalanan dinas, penerbangan ditunda sehingga tidak mungkin menghadiri meeting. Selain itu, Anda bisa juga tiba-tiba merasa tidak enak badan sampai sulit bangun dari tempat tidur sehingga harus membatalkan meeting. Kali ini, sebaiknya telepon klien yang sudah berencana bertemu dengan Anda. Ceritakan kesulitan Anda, ungkapkan permintaan maaf yang tulus. Kalau Anda tidak dalam keadaan sakit, mungkin bisa mengubah jadwal meeting setelah jam kantor. Anda bisa menawarkan makan malam bersama sambil membicarakan pekerjaan.

Jika Anda telah membatalkan meeting berkali-kali

Kebanyakan klien bisa mengerti jika Anda membatalkan meeting sekali waktu. Namun, jika Anda terus-menerus meminta penjadwalan ulang, maka hal itu akan mengganggu. Tapi, mau bagaimana lagi? Selalu ada kejadian tak terduga sebelum hari pertemuan. Jika Anda membatalkan meeting dengan orang yang sama berkali-kali, maka Anda harus lebih berusaha untuk meminta maaf. Pada saat pertemuan nanti, Anda bisa menraktir makan siang. Selain itu, Anda juga bisa memberi kejutan dengan mengirimkan kue yang disertai catatan permintaan maaf ke kantor klien.

Selain itu, Anda juga harus tahu bahwa ada kalanya Anda tidak bisa membatalkan meeting sama sekali. Misalnya, ketika Anda berjanji bertemu seseorang pada pagi hari. Anda tidak bisa seenaknya mengubah jadwal pertemuan beberapa jam sebelumnya karena mitra kerja sudah meluangkan waktu berharganya. Kalau Anda mencoba membatalkan pertemuan, mungkin saja saat itu dia sudah ada di perjalanan menuju tempat yang disepakati. Jadi, jangan pernah berpikir untuk menjadwal ulang meeting.

Contoh lainnya adalah ketika Anda membuat janji pertemuan dengan beberapa orang. Sebaiknya, Anda berusaha maksimal untuk menghadiri pertemuan tersebut. Sebab, setiap orang punya jadwal, rencana, dan kesibukan yang berbeda-beda. Jika mengundurkan jadwal meeting, mungkin Anda akan sulit untuk memertemukan mereka semua dalam satu meja. –Qerja.com

Sumber Foto: Flickr



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next