Empat Cara Menumbuhkan Rasa Kepemimpinan Pada Pegawai | Qerja

Empat Cara Menumbuhkan Rasa Kepemimpinan Pada Pegawai

Steffi Teowira, 1 week ago
Empat Cara Menumbuhkan Rasa Kepemimpinan Pada Pegawai

Ada individu yang sepertinya terlahir untuk menjadi pemimpin dengan karakteristik tertentu yang membedakan mereka dari orang-orang di sekitar. Meski begitu, mereka juga tidak langsung siap untuk memegang peran pemimpin. Dibutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mengasah rasa kepemimpinan ini dan kadang kala, bimbingan dari atasan bisa membantu mempercepat proses ini.

  

Di antara sejumlah bawahan Anda, mungkin ada satu atau dua yang menunjukkan potensi pemimpin. Meski belum terlalu tampak, Anda yakin kalau mereka bisa diasah untuk memegang porsi pemimpin dan meneruskan warisan budaya Anda kelak.

Tak cukup hanya memberi motivasi, coba praktikkan beberapa tips ini untuk membangkitkan jiwa kepemimpinan dari pegawai Anda.

1. Beri banyak kesempatan

Salah satu tanda seorang pegawai yang siap memimpin adalah mereka selalu haus akan tanggung jawab lebih dan tantangan baru. Tanpa harus menunggu ia mengisi posisi manajerial, latih kemampuannya memimpin di awal-awal karier.

Beri ia kesempatan untuk sesekali memimpin proyek kecil. Di awal, Anda atau manajer masih menentukan target dan memandu progres, tapi pegawai tersebut berpeluang mengasah kemampuan menangani dan menyelesaikan tugas baru.

2. Dukung untuk belajar

Meski Anda merasa pegawai tertentu punya karakteristik kuat sebagai pemimpin, ia bisa jadi masih kekurangan beberapa keahlian yang dibutuhkan untuk maju dalam sektor tersebut. Di tengah-tengah proyek dan tugas, Anda bisa menawarkan tunjangan pendidikan dan pelatihan jika dirasa investasi ini pantas.

Alternatif yang lebih efisien, Anda bisa merekomendasikan buku, acara workshop atau konferensi, atau mengundang mereka turut ikut ke acara networking.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami