Cara Meningkatkan Efisiensi Kerja | Qerja

Cara Meningkatkan Efisiensi Kerja

Eka Utami, 4 months ago
Cara Meningkatkan Efisiensi Kerja

Di dunia kerja, produktivitas, inovasi dan efisiensi adalah kunci kesuksesan. Kebanyakan perusahaan menilai performa kerja kita dengan data dan angka. Saat produktivitas kerja kita tinggi, maka akan mendapat poin yang baik dan bahkan promosi.

  

Kita bisa meningkatkan produktivitas dengan bekerja cerdas dalam memanfaatkan waktu. Kita harus bisa menggunakan waktu dengan efektif dan efisien. Dengan begitu, produktivitas kita meninggkat, tapi fisik tidak terkuras. Berikut tips meningkatkan efisiensi kerja seperti disarikan dari Fortune.com.

Mendelegasikan pekerjan

Anda bisa meminta bantuan dan mendelegasikan tugas ringan kepada rekan kerja. Kunci untuk berkolaborasi dengan teman sekantor adalah komunikasi dan kepercayaan. Jadilah pemain tim. Pertama, pastikan bahwa teman Anda tidak sedang sibuk dan dia bersedia menerima limpahan pekerjaan. Dengan begitu, Anda bisa fokus menyelesaikan pekerjaan sulit yang krusial. Setelah itu, Anda juga harus tahu kapan waktunya untuk membalas budi dan memberikan pertolongan padanya.

Membuat daftar pekerjaan

Anda harus membuat daftar tugas berdasarkan prioritas. Buatlah urutan dari tugas yang tersulit dengan deadline yang paling dekat. Dengan begitu, Anda bisa bekerja lebih teratur. Saat bekerja berdasarkan to-do-list, Anda bisa melihat pola produktivitas sepanjang hari. Anda jadi tahu waktu terbaik di mana Anda bisa bekerja dengan maksimal. Setelah mengetahui waktu paling produktif, Anda bisa memerbaiki to-do-list di hari berikutnya. Sisipkan waktu istirahat di sela-sela jam kerja produktif Anda. Dengan demikian, Anda tidak merasa kelelahan saat bekerja.

Istirahat

Duduk di meja kerja dalam waktu yang lama bisa menjadi malapetaka untuk tubuh kita. Saat tidak bergerak, enzim lipoprotein lipase yang bertanggungjawab memecah lemak di dalam darah menjadi energi, turun secara signifikan. Akibatnya, tubuh kita akan menimbun lemak dankehilangan energi.

Nah, sekarang coba ukur kesuksesan pekerjaan Anda sepanjang hari. Apakah Anda mampu menyelesaikan banyak tugas jika Anda duduk saja tanpa beranjak? Sekarang cobalah pola kerja selama 90 menit. Setelah itu, Anda beristirahat dan bergerak. Istirahat sejenak membuat energi Anda bertambah. Dengan begitu, Anda bisa mengerjakan tugas lebih banyak.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami