Menebak Hasil Wawancara Dari Bahasa Tubuh Interviewer | Qerja

Menebak Hasil Wawancara Dari Bahasa Tubuh Interviewer

Steffi Teowira, 7 months ago
Menebak Hasil Wawancara Dari Bahasa Tubuh Interviewer

Ketika Anda sedang menjalani wawancara, ada banyak aspek yang harus Anda pikirkan: Apakah jawaban sudah cukup memuaskan? Apakah Anda sudah menanyakan pertanyaan yang cerdas? Sementara itu, Anda juga perlu mengawasi bahasa tubuh Anda sendiri agar memberi kesan positif.

  

Bagaimana dengan pewawancara?

Respon verbal mereka terhadap jawaban dan pertanyaan Anda bukan satu-satunya kunci untuk mengukur kesuksesan wawancara Anda. Seperti yang Anda ketahui, bahasa tubuh sering kali mengungkapkan hal-hal yang tidak atau belum terucap.

Gunakan panduan bahasa tubuh ini untuk membantu Anda menerka arah jalannya wawancara, tapi jangan sampai kehilangan fokus, ya!

1. Arah dan posisi kaki

Coba lirik posisi kaki pewawancara ketika ia sedang berbicara dengan Anda. Bila pergelangan kaki tampak terlipat dengan rileks atau kaki terentang, ini bisa menjadi tanda baik. Sebaliknya jika kaki pewawancara terlipat di kaki kursi atau mengarah ke pintu keluar, si pewawancara sedang memberi sinyal kalau ia ingin wawancara ini segera berakhir.

2. Meniru gerak-gerik Anda

Ketika berbicara dengan seseorang yang Anda sukai, secara tidak sadar Anda biasa akan mulai meniru postur tubuh, gestur, ekspresi wajah, dan nada bicara mereka dan memberi sinyal bahwa Anda memperhatikan mereka sepenuhnya. Jika Anda menangkap kesan gerak-gerik pewawancara sama dengan Anda, kemungkinan besar hal ini berarti ia menunjukkan bahwa ia memandang Anda dengan positif.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami