Empat Syarat Yang Perlu Dipenuhi Untuk Jadi Astronot NASA | Qerja

Empat Syarat Yang Perlu Dipenuhi Untuk Jadi Astronot NASA

Steffi Teowira, 8 months ago
Empat Syarat Yang Perlu Dipenuhi Untuk Jadi Astronot NASA

Astronot mungkin adalah salah satu titel kerja paling impresif di seluruh dunia. Bagaimana tidak? Tak hanya berkesempatan menjelajah ruang angkasa, karier sebagai astronot berarti individu ini telah berhasil melalui pelatihan dan penyaringan luar biasa ketat.

Jauh sebelum bergabung dengan NASA, para kandidat juga perlu melewati sejumlah sesi dan memenuhi sederet persyaratan untuk memisahkan sejumlah talenta berkaliber tinggi dari puluhan ribu yang turut melamar. Menurut Fast Company, tahun ini saja, NASA telah menerima 18.300 lamaran.

Apa saja yang harus dipenuhi para pelamar ini?

1. Memenuhi syarat-syarat dasar

Selayaknya setiap pekerjaan konvensional lain, kandidat astronot NASA perlu memenuhi syarat-syarat dasar seperti kewarganegaraan, gelar sarjana di jurusan sains, teknologi, engineering, dan matematika, dan sekurang-kurangnya pengalaman kerja tiga tahun di ranah militer.

Untuk proses awal ini saja, kantor NASA di Houston biasanya menyiapkan grup HR khusus sebanyak 50-60 orang. Menghadapi lamaran yang membludak tahun ini, organisasi ini bahkan harus mendatangkan bantuan dari pusat NASA lainnya.

2. Melewati sesi wawancara ketat

Lamaran yang telah dipilah ini kemudian akan kembali di-review oleh tim panel beranggotakan 50 individu—kebanyakan adalah astronot NASA. Kandidat yang terpilih kemudian akan dicek referensinya.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next