Enam Etika Meminta Rekomendasi Kerja dari Koneksi | Qerja

Enam Etika Meminta Rekomendasi Kerja dari Koneksi

Steffi Teowira, 9 months ago
Enam Etika Meminta Rekomendasi Kerja dari Koneksi

Anda mungkin sudah tahu kalau calon pegawai yang dirujuk oleh “orang dalam” perusahaan lebih berpeluang mendapat pekerjaan. Kemungkinan CV Anda dipegang langsung oleh hiring manager lebih besar, Anda diberi kesempatan untuk setidaknya wawancara sekali; anggap saja pelumas yang melancarkan jalan Anda.

Rujukan ini bisa datang dari teman, anggota keluarga, atau seorang koneksi yang Anda temui di acara networking yang kebetulan bekerja di perusahaan idaman. Meski sepertinya hanya semudah berani bertanya atau mengirimkan email, ada sejumlah aturan yang perlu Anda patuhi.

1. Hanya minta rekomendasi dari orang yang pernah ditemui langsung

Teman, anggota keluarga, dan koneksi yang pernah Anda temui mungkin jauh lebih paham mengenai kapabilitas dan karakteristik Anda dibanding seseorang yang tidak pernah Anda temui langsung atau hanya pernah berkomunikasi lewat dunia maya. Untuk membuat rekomendasi terpercaya, mereka tentu perlu memahami kecocokan Anda dengan posisi tersebut.

2. Ketahui beda masing-masing koneksi

Rekomendasi dan kemampuan koneksi bentuknya berbeda-beda. Ada yang bisa membawa Anda langsung berhadapan ke hiring manager atau CEO, ada yang hanya bisa membantu membawa surat lamaran Anda ke departemen HR, ada pula yang bisa langsung menempatkan Anda di posisi tersebut. Ketahui dulu posisi mereka di perusahaan tersebut untuk memastikan kalau permintaan Anda pantas dan tidak kelewatan.

3. To the point, tapi sopan

Networking dengan siapa saja memang perlu di-maintain, entah dengan sesekali bertemu atau bertukar pesan. Meski begitu, lama putus kontak tidak harus membuat Anda batal bertanya. Kirimkan pesan untuk menanyakan kabar lalu mengajak ketemu atau Sampaikan minat Anda dan posisi yang Anda bidik agar mereka bisa menimbang sendiri sejauh mana bisa menawarkan bantuan.

4. Pastikan Anda benar-benar kompeten dan ingin pekerjaan tersebut



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next