Jangan Pernah Ragu Mengambil Empat Langkah Karier Berisiko Ini | Qerja

Jangan Pernah Ragu Mengambil Empat Langkah Karier Berisiko Ini

Steffi Teowira, 4 days ago
Jangan Pernah Ragu Mengambil Empat Langkah Karier Berisiko Ini

Pernahkah Anda mendengar ungkapan “Not taking risks is the riskiest career move of all (tidak mengambil risiko adalah risiko karier terbesar)”? Ya, setiap orang punya zona nyaman sendiri dan keengganan untuk keluar darinya. Bagi Anda, zona nyaman mungkin berarti bertahan di perusahaan yang tidak Anda sukai demi gaji tinggi atau ambil aman di perusahaan besar.

  

Namun, jika Anda pernah berpikir untuk melakukan satu saja hal di bawah ini atau setidaknya ingin mencoba sesuatu yang baru, kenapa tidak? Percayalah, pilihan-pilihan ini akan mendatangkan keuntungan dalam jangka panjang.

1. Mengutamakan kecocokan budaya kerja dibanding gaji tinggi

Tak bisa dipungkiri, gaji adalah salah satu aspek pertimbangan terbesar saat memilih pekerjaan. Namun jika pekerjaan dan budaya kerja sejalan dengan nilai-nilai moral dan gaya hidup Anda, secara alami Anda akan mencetak prestasi sehari-hari. Anda akan lebih bersemangat pergi bekerja, lebih jarang absen, dan cenderung lebih produktif.

Ketika semua ini tercapai di tempat kerja yang ideal, percayalah kalau urusan gaji dan perkembangan karier akan terpenuhi dengan sendirinya.

2. Bekerja di luar daerah

Mengemas seluruh hidup Anda dan memindahkannya ke daerah baru adalah keputusan besar, tak peduli apakah Anda masih lajang atau sudah berkeluarga. Tapi jika Anda mendapat tawaran dari perusahaan untuk ditempatkan di daerah lain, kenapa tidak? Jika pernah terpikir untuk bekerja di luar daerah, mulailah dengan melirik daerah yang sesuai dengan kehidupan pribadi Anda, lalu cari tahu tentang peluang kerja di sana.

Bekerja di luar daerah akan memberi Anda perspektif dan pengalaman baru yang sulit Anda dapatkan jika hanya tetap berada di satu tempat seumur hidup. Plus, koneksi yang bisa Anda dapatkan di sana bisa menjadi aset karier di masa depan.

3. Bekerja di perusahaan kecil atau startup



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami